Pejabat BP Migas Dituntut 15 Bulan Dalam Pembelaan Mengaku Hanya Pinjam Uang

BALIKPAPAN-Bagus Sarwadi, mantan Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Wilayah Kalimantan-Sulawesi yang kini menjadi terdakwa tindak pidana korupsi (gratifikasi), dituntut 15 bulan penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) Bambang SH dan Tajrimin SH. Sesuai dengan tuntutan jaksa, pejabat BP Migas yang kini dimutasi ke Jakarta lantaran tersandung kasus gratifikasi ini dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi dengan cara meminta uang kepada beberapa perusahaan rekanan tanpa aturan yang jelas. Tuntutan jaksa selama 15 bulan tersebut, langsung dibantah terdakwa dalam pledoinya yang mengatakan selama ini terdakwa Bagus tidak pernah meminta sejumlah uang pelicin kepada pelapor tetapi hanya meminjam uang.

Seperti yang sempat terungkap dalam ruang sidang, berdasarkan bukti dan para saksi yang dihadirkan. Kasus ini terkuak lantaran Bagus ternyata tidak konsisten untuk melancarkan pengurusan surat pengiriman bahan peledak yang diajukan PT Armindo Prima Balikpapan. Padahal lebih dari sepuluh kali, uang pelicin antara Rp 3 juta hingga Rp 6 juta ditransfer atau dibayar tunai oleh perusahaan rekanan Total E&P Indonesie tersebut. Uang pelicin hingga Rp 58 juta, surat belum juga keluar.

Saksi Afiudin misalnya, Kepala Cabang Armindo menduga keterlambatan terjadi karena Bagus menginginkan jumlah uang yang lebih banyak. Sebab di pertemuan awal, Bagus meminta di atas Rp 1 juta sedangkan Afiudin hanya mampu di kisaran Rp 700-800 ribu per surat izin.

Menurut Afiudin, pejabat sebelum Bagus tak pernah ada aturan bagi pemohon izin untuk menyetor uang. Izinnya pun tak sampai belasan hari, paling lama 3 hari kelar. Padahal jika tanpa izin dari BP Migas, pengiriman bahan peledak dari gudang di Km 15 ke lokasi eksplorasi Total akan terganggu. Jaksa Tajrimin mengatakan, majelis hakim yang diketuai Suprabowo rencannya akan menjatuhkan putusan Rabu (2/8) besok.(ono/rie) metrobalikpapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: