PLTU Penajam Turun jadi 2 X 10 MW Balikpapan,

Tribun – Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang berbahan bakar batu bara di Kutai Barat dan Penajam Paser Utara (PPU), memasuki tahap penanadatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Namun, daya kapasitas di PPU turun jadi 2 x 10 mega watt (MW) dari 2 x 60 MW seperti yang ditawarkan oleh PT Bina Energi Investama (BEI). Prosesi penandatanganan kerjasama dilakukan Plt Gubernur Kaltim, Yurnalis Ngayoh, GM PT PLN Wilayah Kaltim, Arifin Syah, CEO PT BEI, Djoko Winarno, Bupati Kubar, Ismael Thomas, Wakil Bupati PPU, Ihwan Datu Adam serta Ketua DPRD masing-masing kabupaten di Chiang Palace Restorant Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Selasa (31/7).

Dengan turunnya kapasitas, maka investasi hanya sekitar Rp 200 miliar dari rencananya Rp 1,6 triliun. Sementara untuk PLTU di Kubar, tetap seperti semula yakni 2 x 7 MW dengan investasi Rp 170 miliar. “Karena PLN belum siap dengan pembangunan jaringan 2 x 60 MW yang rencananya akan memasok ke Balikpapan juga.

Mereka mengatakan pembangunan jaringan tersebut baru bisa terealisasi pada 2011. Sehingga kita bangun bertahap mulai 2 x 10 MW dulu,” ungkap Djoko yang diiyakan oleh Arifin. “Kalau memang kebutuhan untuk PPU saat ini 2 x 10 MW, kita bangun segitu dulu.

Sebab kita juga sudah memiliki perencanaan pembangunan jaringan listrik di wilayah Kaltim. Bertahap dululah,” kata Arifin. Setelah ini, lanjut Djoko pihaknya akan segera membentuktim bersama untuk menyusun action plan rencana pembangunan PLTU.

Sebab dengan kapasitas yang kecil, pembangunan ditargetkan dapat rampung dalam dua tahun yakni pada 2009 mendatang. “Pendanaan telah kami siapkan. Beberapa bank lokal, seperti BNI, BII dan Bank Bukopin sudah menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembangunan PLTU ini.

Mereka akan membentuk konsorsium. Sementara untuk pinjaman bank luar negeri tidak jadi dilakukan karena kapasitas PLTU yang dibangun kecil,” kata Djoko. (sar).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: