Rumah Sakit Keluhkan Tunggakan Aske

Lima rumah sakit daerah (RSD) di bawah Pemprov Jawa Timur (Jatim) mengeluh akibat beban utang karena klaim dana Askeskin tidak segera turun. Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Jumat (20/7) pagi, kepada SH membenarkan bahwa tunggakan pembayaran klaim rumah sakit oleh PT Askes mencapai  Rp 900 miliar.
Kelima RSD di Jatim adalah RSU Dr Soetomo Surabaya, RSU Haji Surabaya, RSJ Menur Surabaya, RSU Syaiful Anwar Malang, dan RS Dr Sadono Madiun. Pimpinan RSD tersebut mengaku harus utang obat-obatan kepada distributor obat untuk tetap bisa melayani masyarakat miskin. Utang yang semakin menumpuk akibat klaim Askeskin tidak segera dibayar oleh PT Askes. Pihak RS khawatir ini akan mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat miskin yang sebenarnya telah mendapatkan jaminan pemerintah.
Hingga pertengahan Juli ini, klaim lima RSD yang diajukan pada PT Askes, untuk RSU Dr Soetomo sebesar Rp 33 miliar lebih, RS Syaiful Anwar Rp 25 miliar lebih, RS Dr Sadono Rp 11 miliar, RSU Haji sebesar Rp 3 miliar dan RSJ Menur Rp 1,5 miliar.
“Karena kita punya hubungan baik dengan para distributor obat, maka kita bisa utang pada perusahaan obat tersebut. Tapi kalau semakin membengkak, dipastikan akan menjadi masalah baru, karena perusahaan obat itu pun tidak bisa terus-menerus memasok obat sebelum utang-utang lama diselesaikan,” jelas Slamet Yuwono, Direktur RSU Dr Soetomo Surabaya usai dengar pendapat dengan DPRD Jawa Timur, Rabu (18/7).
Dampak lain lambannya pencairan dana Askeskin, membuat rumah sakit tak bisa belanja barang-barang kebutuhan seperti membeli selimut untuk pasien dan pasokan menu makanan. Mereka juga harus menunda pemberian insentif pada pegawai.
General Manager PT Askes Regional VII Jatim, Roy Ibrahim, yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu dropping anggaran dari PT Askes pusat dan surat perintah mengeluarkan uang. Roy juga be-lum bisa memastikan waktu pencairan dana Askeskin, 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: