Sucofindo Ditunjuk untuk Verifikasi Ekspor Rotan

Jakarta, Kompas – Menperindag menunjuk PT Sucofindo sebagai pelaksana verifikasi atau penelusuran teknis ekspor rotan. Penunjukan ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Menperindag No 359/MPP/Kep/5/2004 tentang Penunjukan Surveyor sebagai Pelaksana Verifikasi atau Penelusuran Teknis Ekspor Rotan. SK ditetapkan 28 Mei 2004 dan berlaku sejak ditetapkan.Sebelumnya, Menperindag pada 27 Mei 2004 mengeluarkan SK 355/MPP/Kep/5/2004 tentang Pengaturan Ekspor Rotan. Dalam SK No 359 disebutkan, PT Sucofindo mempunyai tugas memeriksa keabsahan dokumen perizinan yang berkaitan dengan eksportir terdaftar rotan asalan (ETR).

Selain itu, meneliti kebenaran asal sumber rotan yang akan diekspor, memeriksa jenis dan jumlah rotan yang akan diekspor, dan memeriksa hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan ekspor rotan.

Sebelumnya, Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Pertambangan Depperindag Ferry Yahya mengungkapkan, jenis rotan yang dilarang adalah rotan alam, baik dalam bentuk mentah (rotan asalan) maupun setengah jadi. Jenis rotan hasil budi daya, seperti rotan irit dan sega, masih diperbolehkan diekspor. Untuk ekspor, diberlakukan juga ketentuan verifikasi ekspor rotan tersebut.

Ferry menambahkan, pembatasan ekspor rotan itu dimaksudkan agar industri pengguna rotan sebagai bahan baku dapat lebih mudah memperoleh bahan baku dan pemerintah juga ingin memperhatikan pengusaha kecil yang membudidayakan rotan. (fer)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: