Utang Klaim Askes Cirebon Rp22 Miliar

Penulis: Nurul Hidayah

CIREBON–MIOL: PT Askes Cabang Cirebon mengakui belum bisa membayar klaim asuransi kesehatan untuk masyarakat miskin. Untuk wilayah Cirebon tunggakan yang belum dibayarkan Rp22 miliar lebih.

Kepala PT Askes Cirebon, Eddy Sulistijanto mengungkapkan dana yang ada di rekening Askes Gakin (keluarga miskin) hanya tinggal Rp4,5 juta.

“Kami belum menerima pencairan dana untuk pembayaran asuransi ini dari pemerintah, sehingga dana yang ada di rekening kami pun minim,” tuturnya saat ditemui, Kamis (19/7).

Akibatnya pembayaran klaim asuransi kesehatan yang diajukan dari 13 rumah sakit dan 230 puskesmas di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu pun tertunda.

Tingginya klaim asuransi yang belum dibayar menurut Eddy dikarenakan setiap bulan klaim pun cukup tinggi. Tiap bulan bisa lebih kurang Rp10 miliar. Ia berjanji segera mencairkan klaim asuransi masyarakat, begitu menerima dana dari pemerintah pusat.

Kepala TU RSUD Gunung Jati, Agus Mulyanto mengungkapkan tagihan untuk PT Askes mencapai Rp 5,4 miliar. “Jumlah ini tentu sangat besar bagi kami,” tuturnya.

Akibatnya RSUD Gunung Jati tak bisa melakukan pelayanan optimal serta kesulitan dalam pembelian obat. Mereka tak bisa melayani pengobatan masyarakat miskin.

Anggota DPRD Kota Cirebon, Azrul Zuniarto mengungkapkan sudah mempertanyakan masalah itu ke Departemen Kesehatan. Jawabannya, akan ada pencairan Juli ini. (UL/OL-02).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: