Pencari Kerja Mencapai 15.508 Orang

Balikpapan, Tribun – Jumlah pencari kerja di Balikpapan hingga Juli 2007 mencapai 15.508 orang. Sementara lowongan yang tersedia berjumlah 1.

108. Sehari, jumlah pencari kerja di Kantor Tenaga Kerja mencapai 40 orang dan didominasi lulusan SMU/SMK. Demikian disampaikan Kasubdin Pengembangan, Pelatihan dan Penempatan Kerja Kantor Tenaga Kerja Balikpapan, Bambang Surono, Kamis (2/8).

“Normalnya sehari pendaftar hanya 20 orang,” katanya. Menurut dia, lonjakan pencari kerja terjadi pada akhir Juli. Ini dikarenakan para pencari kerja harus menunggu pembagian ijazah kelulusan sekolah, pembuatan Surat Keterangan Kelakuan Baik dan surat-surat lainnya yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

“Saat ini 929 orang sudah mengalami penempatan kerja dan sisanya masih dalam proses,” kata Bambang. Bambang mengaku, pihaknya kadang tak bisa memberi bantuan secara penuh kepada para pencari kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan. Dia menjelaskan, dari 15.

508 pencari kerja terbagi dalam tiga kategori. Pertama kategori Murni yang merupakan pencari kerja dari lulusan SD hingga Perguruan Tinggi sebesar 62,5 persen. Kedua, rubah status yang terdiri dari tenaga kerja honorer yang ingin merubah status menjadi pegawai tetap sebesar 13,2 persen serta 24,3 persen sisanya adalah rubah pendapatan.

Kategori ini merupakan orang yang sudah bekerja tapi ingin mencari pekerjaan kembali karena alasan pendapatan. “Dibanding Balikpapan, Samarinda jumlah pencari kerjanya jauh lebih besar,” katanya. Bambang juga mengimbau perusahaan agar segera melapor jika membuka lowongan pekerjaan di Kantor Tenaga Kerja sesuai dengan Keppres Nomor 4 Tahun 1980 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan bagi Perusahaan.

Sementara untuk informasi lowogan kerja selain mendatangi Kantor Tenaga Kerja bisa juga membuka website http://naker.balikpapan.go.

id.(mg2).

 
 
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: