Adpel Larang Pelayanan Kapal bobot dibawah 35 GT

* Antisipasi kapal terbaik selama panca roba

Balikpapan, Tribun – Administratur Pelabuhan Semayang  Balikpapan memberlakukan larangan terhadap seluruh kapal pelayaran yang memiliki bobot dibawah 35 Gross Ton (GT). Tidak diberikannya ijin pelayaran itu berkaitan ketinggian gelombang selama panca roba yang beresiko menimbulkan kapal karam di tengah laut.
Kabid Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Semayang Balikpapan, Gajah Rooseno mengatakan, berdasarkan pemantauan cuaca yang dihimpun dari Badan Meteorologi setempat yang dipadukan ramalan cuaca dari stasiun pemantau cuaca dari Singapura menunjukkan  gelombang tinggi terjadi pada beberapa jalur pelayaran terutama pada wilayah laut barat daya dan tenggara. Dari pantauan cuaca gelombang tinggi lebih dari 2 meter terjadi pada laut Jawa dan laut Hindia.
“Kami tak mengijinkan kapal kecil yang berbobot dibawah 35 GT berlayar selama panca roba. Gelombang tinggi yang mencapai 2-3 meter bisa kapal terbalik karena  kemampuan kapal tidak bisa menyesuaikan terjangan ombak,” katanya Selasa (31/7).
Gelombang tinggi pada beberapa alur pelayaran diperkirakan akan naik dalam sepekan ke depan. Dalam dua hari ini Administratur pelabuhan mendeteksi kenaikan gelombang pasang tujuan pelayaran terutama pada rute pelayaran intensitas tinggi seperti tujuan Surabaya, Jakarta dan Malaysia dan Singapura. Indikasi kenaikan gelombang laut kini dipantau berkala.
Bentuk pengawasan yang dilakukan admininstratur pelabuhan terhadap pelayaran kapal yang berlabuh dan berangkat dari pelabuhan semayang antara lain memeriksa kelayakan berlayar yang diantaranya memperhatikan bobot kapal. Pemeriksaan itu dilakukan dengan mempelajari permohonan surat ijin berlayar (clearance out) yang diajukan agen pelayaran. Pengawasan lain dilaksanakan lewat pemeriksaan fisik kapal. Larangan pemberian ijin berlayar kapal kecil itu diberitahukan kepada seluruh agent melalui surat.
“Kalau ragu-ragu terhadap kondisi kapal, kami cek langsung secara fisik kapal dan muatannya. Kami teliti terpenuhinya keselamatan kapal dari segi radio komunikasi, pelampung, dan peralatan pendukung lainnya,” terangnya.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: