Pengerjaan Rehabilitasi Pasar Klandasan I Mulai Agustus 2007

Balikpapan, Tribun – Proyek  Rehabilitasi Pasar Klandasan yang akan merenovasi petak kios pedagang ayam dan ikan akan dimulai pengerjaannya mulai Agustus 2007. Dimulainya pengerjaan rehabilitasi pasar itu berkaitan penetapan pemenang lelang pada CV Adiasa dengan harga penawaran proyek Rp 866.533.000.  Rehabilitasi  72 petak pedagang direncanakan rampung dalam empat bulan diatas lahan 16×36 meter.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Sri Sutantinah mengatakan, rehabilitasi pasar klandasan I itu meliputi pemugaran petak pedagang dan pembangunan tempat penampungangan sementara (TPS) bagi pedagang yang petaknya terkena rehabilitasi.
Dana rehabilitasi pasar dibiayai dari APBN dengan pagu proyek Rp 1 miliar. Ternyata pengerjaan itu memerlukan dana pendampingan untuk pembangunan TPS yang akhirnya disetujui Pemkot dan DPRD Rp 439 juta. “Sebelum rehab, mereka (pedagang-red) pindah dulu ke TPS,” terangnya saat ditemui wartawan di kantor Walikota, Selasa (31/7).
Sampai kemarin, Proyek rehabilitasi pasar telah ditetapkan pemenangnya. Kontraktor baru mengerjakan proyek setelah mendapat pengesahan dari  Direktorat Jendera Perdagangan Dalam
Negeri. Sedangkan proyek pembangunan TPS akan ditender dalam waktu dekat.
Ditemui tempat terpisah, Sekertaris panitia lelang Rehab pasar Sentot Prasasto  menerangkan,
sejak pengumuman penetapan lelang 31 Juli 2007, kini memasuki masa sanggah. SElama tujuh hari ke depan, panitia menampung tanggapan dari pihak-pihak yang keberatan atas penetapan pemenang lelang. “Direncanakan bulan Agustus mulai dikerjakan dengan catatan pedagang telah dipindahkan ke tempat penampungan sementara,” terangnya.
Lokasi petak yang akan di rehabilitasi meliputi petak pedagang ikan dan daging pasar klandasan. Kontraktor akan memugar dan memperbaiki petak disertai pembangunan inslatsi pengolahan limbah dan infrastruktur pendukung pasar.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: