Mengatasi Kebotakan

Botak? Rajin Minum Kopi Dong!

Ditulis oleh aageboi di/pada 21st April 2007

Jakarta, Masalah kebotakan sering terjadi pada pria. Semakin umur menua, kebotakan biasanya tak bisa dihindari lagi. Tapi sebuah penelitian telah menemukan solusi terbaru untuk mengatasi masalah ini. Anda hanya harus rajin minum kopi. Apakah berhasil?

Tobias Fischer dari Universitas Jena di Jerman. Mereka meneliti biospsi kulit kepala dari 14 pria yang berada pada tingkat awal kebotakan. Sari kantung rambut diambil dan diletakkan di kantong tes yang telah isi dengan tingkat kafein yang berbeda.

Rupanya kafein yang banyak terkandung dalam kopi jadi kunci penting. Nah, contoh sari rambut yang diberi kafein ini kemudian diteliti selama 8 hari. Pertumbuhannya di monitoring dan kemudian diperoleh kesimpulan baru.

Kafein terbukti bisa menambah pertumbuhan rambut sebanyak 33% hingga 40%. Tes lain yang mengendapkan sari rambut dengan testoteron menunjukkan pertumbuhan yang amat sangat lambat.

“Sari rambut yang diberikan kafein menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan selama 24 jam dan terus menunjukkan kemajuan yang signifikan setelah 8 hari,” ujar Tobias seperti dikutip detikhot dari moneycontrol, Rabu (24/1/2007).

Para peneliti percaya bahwa kafein bisa mempengaruhi sel rambut dalam berbagai cara dan kafein sanggup menghambat efek kerusakan yang disebabkan oleh dihydrotestosteron (DHT). DHT adalah zat yang yang menyebabkan kebotakan.

Proses singkatnya adalah ketika sari rambut kelebihan DHT, maka rambut akan rontok dan kebotakan pun terjadi. Nah, jika Anda mengalami kebotakan ada baiknya Anda jadi rajin minum kopi yang mengandung banyak kafein.

Namun dosisnya juga harus diperhatikan. Jangan terlalu berlebihan. Karena selain punya banyak nilai positif, kafein ternyata bisa menimbulkan rasa gelisah, detak jantung tak stabil, insomnia, sakit kepala dan banyak lagi.(yla/yla)

PENGOBATAN Kehilangan rambut karena penyakit, terapi penyinaran atau pemakaian obat, tidak memerlukan pengobatan khusus.
Jika penyakitnya membaik atau jika pengobatan dihentikan, biasanya rambut akan kembali tumbuh.
Selama rambut masih dalam pertumbuhan, penderita bisa menggunakan rambut palsu, topi atau penutup kepala lainnya.

Kebotakan pola pria maupun wanita bersifat menetap. Jika penderita merasa tidak terganggu dengan penampilannya, maka tidak perlu dilakukan pengobatan.

Ada 2 macam obat yang digunakan untuk mengatasi kebotakan pola pria maupun wanita, yaitu minoxidil dan propesia.
Minoxidil dioleskan langsung ke kulit kepala. Obat ini bisa memperlambat kerontokan rambut, tetapi bila pemakaiannya dihentikan, maka kebotakan akan kambuh kembali.
Propesia menghambat pembentukan hormon yang berperan dalam terjadinya kebotakan. Obat ini lebih efektif dibandingkan dengan minoxidil dan tidak menimbulkan efek terhadap kadar testosteron dalam tubuh.

Pencangkokan rambut dilakukan dengan mengangkat sekumpulan kecil rambut dari daerah dimana rambut masih tumbuh dan menempatkannya di daerah yang mengalami kebotakan.
Hal ini bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut di daerah donor dengan resiko infeksi yang rendah.
Prosedur ini mungkin harus dilakukan secara berulang dan biayanya mahal.

Cara lain yang aman dan tidak terlalu mahal untuk mengatasi kebotakan pola pria maupun wanita adalah merubah gaya penyisiran rambut atau menggunakan rambut palsu.

Untuk alopesia areata bisa dilakukan pengobatan berikut:
– corticosteroid topikal (dioleskan langsung ke kulit kepala)
– suntikan steroid subkutan (dibawah kulit)
– terapi sinar ultraviolet
– mengoleskan bahan iritatif ke daerah yang botak untuk merangsang pertumbuhan kembali.

Pada trikotilomania, mencukur kepala bisa mempertahankan rambut, tetapi tidak mengatasi akar permasalahannya.
Orang tua sebaiknya membantu menemukan masalahnya dan ikut terlibat dalam pengobatan.
Dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan psikis.

Mengatasi Kerontokan

Jika kerontokan yang menyebabkan kebotakan itu diakibatkan oleh malnutrisi, masih bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin A, B dan C, serta kalsium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk, yogurt, tofu, kedelai, pepaya, tomat dan seafood.

Demikian pula kerontokan akibat stres, Anda tinggal mencari cara untuk mengatasinya. Namun bila kerontokan disebabkan oleh hormon, kasusnya akan rumit. FDA (biro pengawasan obat dan makanan AS) hanya meluluskan minoxidil dan finasteride untuk mengatasi kebotakan.

Kedua obat ini menghambat kerja hormon androgen serta mengandung VEGF (Vassoendhothelial growth factor) yang berfungi meningkatkan jumlah dan ukuran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah ke kepala. VEGF juga memacu pertumbuhan folikel baru yang sehat.

Meski telah menjalani pengobatan, anda tidak bisa melihat hasilnya secara spontan. Butuh waktu beberapa bulan sebelum hasil kemajuannya bisa terlihat. Pengobatan ini harus dilakukan secara kontinyu. Begitu dihentikan maka pertumbuhan rambut baru akan terhenti dan akan kembali pada kondisi semula alias botak.

Selain itu anda bisa juga melakukan transplantasi untuk menumbuhkan kembali rambut, tapi tentunya biaya yang harus anda keluarkan tidak sedikit. Nah dari pada anda bingung cari duit buat pengobatan yang juga makan waktu lama, beli aja wig .. tinggal pakai dan beres. Bye bye botak

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: