KPR Mendominasi

> Kredit Tersalur Naik Jadi Rp 5,7 Triliun
Balikpapan, Tribun –  Perkembangan perbankan di Kota Balikpapan semester I 2007 mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan, mulai dari produk simpanan seperti tabungan, giro maupun deposito hingga kredit.
Dana perbankan meningkat dari Rp 7,1 triliun di akhir Desember 2006 menjadi Rp 7,23 triliun di akhir triwulan II 2007. “Program-program menarik yang ditawarkan produk tabungan mampu menyerap dana murah dari masyarakat dalam bentuk tabungan. BRI melalui produk Untung Beliung Britama misalnya, saya mendapat info mampu mendongkrak jumlah nasabah maupun dana pihak ketiga yang terhimpun,” kata Pemimpin Bank Indonesia (BI) Balikpapan, Causa Iman Karana dalam jumpa pers yang digelar di Island Restauran Hotel Blue Sky, Minggu (6/8) malam.
Sementara produk simpanan dalam bentuk deposito mengalami penurunan sebesar Rp 50,6 miliar dibanding posisi akhir tahun 2006 lalu yang mencapai Rp 2,606 Triliun. Hal ini menurut Iman merupakan imbas dari menurunnya imbal suku bunga deposito seiring dengan menurunnya tingkat BI rate. Selain, faktor perilaku masyarakat yang lebih memilih mengalihkan depositonya ke produk tabungan menjelang liburan sekolah dan tahun ajaran baru.
Sama halnya dengan pendanaan, perkembangan kredit di Balikpapan menunjukkan kondisi yang menggembirakan. Kredit tersalur pada triwulan II 2007 mengalami kenaikan menjadi Rp 5,7 triliun dari Rp 5,03 triliun di akhir 2006. “Kredit perbankan saat ini didominasi oleh kredit perumahan. Baik adanya program subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah dan adanya program menarik kepemilikan rumah dari bank swasta,” ujar Iman.
Ditambahkan Iman, peningkatan kredit juga terjadi pada kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mencapai angka Rp 212,7 miliar atau 5,55 persen dibanding akhir 2006. “Bila dibandingkan antara kredit dan dana masyarakat yang terhimpun, angka Loan Deposit Ratio (LDR) perbankan Balikpapan mencapai 74, 35 persen. Sementara rasio kredit macet masih di bawah 5 persen yaitu sebesar 3,06 persen. (sar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: