Kumpulkan 174 Wajib Pajak Baru

BALIKPAPAN, TRIBUN – Jumlah Wajib Pajak (WP) terus bertambah seiring gencarnya Kanwil DJP Kaltim yang berkantor di Balikpapan menggelar sosialisasi di pusat-pusat keramaian seperti Mal Fantasi, Rapak Plaza dan Plaza Balikpapan.
Pertambahan tersebut, kata Kepala Kanwil DJP Kaltim, Ken Dwijugiastedi perlu diikuti dengan pemenuhan informasi dan pengetahuan tentang hak dan kewajiban seorang WP khususnya orang pribadi. “Satu upaya dalam meningkatkan pajak adalah dengan menerapkan sistem self assessment dan ekstensifikasi.  Karena yang mengetahui besarnya pendapatan adalah orang itu sendiri,” kata Ken di sela-sela kegiatan  bertajukl Education for New taxpayer (pendidikan bagi Wajib Pajak Baru, red) di gedung pertemuan PT Telkom Divre VI Kalimantan, Selasa (7/8).
Seorang WP baru, menurut Ken sering mengalami kendala dalam mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) sebagai bagian dari kewajibannya. Imbasnya, pemenuhan kewajiban pajak juga berkurang. Sehingga, pemberian pengetahuan tentang hak dan kewajiban sebagai seorang WP sangat diperlukan.
Ken menambahkan, kinis udah ada program terobosan untuk meningkatkan pelayanan perpajakan. WP tinggal tunggu di tempat, maka aparat pajak yang akan datang memberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) mereka. “Sekarang aparat pajak tidak lagi menakutkan. Bahkan, kini kita ada program otomatis pembayaran pajak, pembuatan NPWP secara on-line (e-registration), pelaporan SPT melalui internet (e-filling), dan penyampaian SPT dalam bentuk digital (e-SPT). Tentunya semua akan bermuara kepada masyarakat yang sadar dan peduli pajak,” kata Ken.
Kegiatan yang mengumpulkan para WP baru dari kelompok pajak perseorangan ini juga memberi kesempatan bertanya pada para WP sekaligus memberikan pembelajaran tentang bagaimana mengisi SPT orang pribadi.
Ken berharap, upaya sosialisasi tersebut dapat  mewujudkan masyarakat sadar dan peduli pajak,   yang diikuti dengan kinerja aparat dalam memberikan pelayanan prima pada para wajib pajak di lingkup tugasnya. (sar)

Syarat Wajib Pajak :
1. WP orang pribadi     : Melengkapi dokumen berupa fotokopi KTP yang masih berlaku atau                      fotokopi Kartu keluarga
2. WP Badan        : – Fotokopi akte pendirian perusahaan
– Fotokopi KTP pengurus
– Surat keterangan kegiatan usaha dari Lurah
Keterangan : WP akan diberikan Surat Keterangan terdaftar (SKT) paling lambat pada hari kerja berikutnya dan Kartu NPWP diberikan paling lambat satu hari setelah diterima permohonan secara lengkap. Pengurusan NPWP tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS. (sar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: