Masyarakat Was-was

Menanggapi kasus penangkapan penjual daging ilegal, para pedagang daging di pasar-pasar tradisional mengeluh. Menurut mereka hal ini juga akan merugikan mereka, walaupun mereka tidak melakukan hal yang serupa.
Seperti yang diutarakan oleh Amir, Rabu, (7/8). “Hal ini pastinya sangat merugikan penjual daging. Dengan adanya berita seperti ini, otomatis pedagang daging yang mengikuti aturan juga kena getahnya. Konsumen pastinya menduga kita-kita ini juga menjual daging ilegal dan ada campurannya. Jadi konsumen takut untuk membeli daging, hal ini bisa mengurangi pelanggan dan pendapatan kita.” ujarnya.
Daud juga menyerukan hal yang sama dengan Amir, “Takutnya kalau ada berita seperti ini nanti konsumen tidak mau membeli daging lagi. Pastinya ini merugikan sekali bagi kita karena pendapatan pasti berkurang. Karena konsumen takut beli daging, takut tidak halal. Kita yang tidak tau apa-apa juga kena imbasnya. Kalau sudah begini, bagaimana nasib kita.”ujarnya.
Begitu juga Idrus, penjual daging ini mengatakan hal ini pasti berimbas pada pedagang daging yang lain.. “Pembeli pastinya berkurang, mereka pasti takut beli daging. Takut tidak halal dan tidak bersih. Hal ini pastinya mengurangi pendapatan kita. Ujung-ujungnya berimbas ke pedagang daging yang lain. yang tidak tau apa-apa dan menjual daging sesuai dengan aturan. Kalau bisa penjual daging-daging ilegal itu diberi sanksi yang sesuai, karena dia sudah merugikan orang banyak. Bahkan bisa membahayakan masyarakat.” katanya.
Bukan hanya penjual daging saja yang mengeluh dengan adanya kasus penjualan daging ilegal ini. Tetapi konsumen pun mengeluh.
Wati, seorang ibu rumah tangga menjadi was-was kalau membeli daging. “Saya jadi was-was mau beli daging. Takut dagingnya ilegal atau ada campurannya dan tidak sehat. Nantinya akan berimbas pada kesehatan kita. Jadi kalau beli daging harus teliti agar tidak terkecoh.” ujarnya.
“Bedanya daging sapi dengan daging yang lain, kalau daging sapi warnanya merah cerah, sedangkan kalau daging babi warnanya lebih muda. Saya juga jadi agak takut-takut untuk beli daging, soalnya kan daging kalau sudah bercampur jadi satu susah dibedainnya. Apalagi kalau daging ilegal. Takutnya kalau dagingnya berasal dari bangkai hewan, itu kan haram untuk dikonsumsi. Pedagang yang  menjual daging seperti itu sebaiknya dihukum saja. Hal ini kan dapat merusak kesehatan masyarakat.” ujar Rusmini ibu run\mah tangga yang ditemui di Pasar Klandasan.(mg3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: