Syuting Film “The Saman” dimulai Hari Ini, Rabu (8/8)

> Lokasi di Bandara Sepinggan, Pantai Manggar dan Kutai Barat
Balikpapan, Tribun – Bagai kacang tak lupa kulitnya, peribahasa yang sangat tepat ditujukan pada Yayang dan Ayu. Meski berkarir di industri perfilman di Jakarta, dua orang penting di Indika Entertainment, produsen film dan sinetron ternama, tidak melupakan tanah leluhur mereka. Dalam welcome party bertajuk “Selamat Datang Artis Pendukung dan Cres The Saman” yang digelar semalam, Selasa (7/8) di Atlantic Palace Restaurant Hotel Pacific, Yayang membuat seluruh hadirin menganggukkan kepala saat memberi sambutan.
“Kenapa saya tertarik mengambil lokasi di Kaltim, karena ayah saya merupakan kelahiran Semboja, Kutai Kertanegara,” ujar pria yang bertindak sebagai produser The Saman.
Sementara Ayu, bagian Marketing The Saman, juga didaulat naik ke atas panggung untuk memberi kata sambutan.
“Saya tidak asing lagi dengan Balikpapan, karena saya ini lahir dan besar di Balikpapan,” tutur perempuan yang ternyata putri mantan Ketua KNPI Balikpapan Rendy Ismail dan keponakan Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong.
Yang menarik, salah satu artis senior pendukung The Saman yaitu Piet Pagau, naik ke atas panggung menari Tari Perang dari Dayak Bahau, diiringi denting musik sampek. Piet yang datang mengenakan jas, langsung melepas pakaian resminya hingga tatoo di tangan kanan dan kirinya terlihat. Dengan mengenakan kaos oblong, ia naik ke panggung dan berlenggak-lenggok sembari memegang perisai dan pedang. Para undangan terlihat terpukau melihat gerak tubuh Piet yang luwes dan gemulai.
Selain pesta sambutan yang dihadiri Wakil Walikota Balikpapan Rizal Effendi, acara ramah tamah dan makan malam tersebut menjadi ajang perkenalan 30 artis pendukung asal Kaltim yang lolos audisi, terdiri dari 18 pemeran wanita dan 12 pemeran pria. Setelah melalui seleksi ketat yang diikuti 63 peserta, Kamis (2/8), juga di Hotel Pacific Balikpapan, ke-30 artis lokal Kaltim melenggang di panggung diiringi house music bak peragawan di atas catwalk.
Sayangnya, artis utama yang ditunggu-tunggu yaitu Oka Antara, Nadine Chandrawinata dan Vicky Nitinotonegoro belum bisa hadir dalam welcome party semalam.
“Mereka baru besok pagi (hari ini, Red.)datang dan langsung syuting di Bandara Sepinggan,” ujar Darwis M Noor, Ketua Dewan Kesenian Balikpapan (DKB).
Sementara itu, menurut Ketua Persatuan Artis dan Film Indonesia (PARFI) Kaltim Zaenal Abidin, film The Saman tak hanya menarik dari sisi komersial, melainkan juga sisi edukasi dan sisi sejarah.
“Film adalah dokumentasi yang kokoh dan bertahan lama, terutama dibanding sinetron. Mengapa, karena film diputar di bioskop, lalu ditayang ulang di televisi, dibuat VCD dan DVD sehingga semakin banyak yang menikmatinya,” ujar Zainal.
Menurut rencana, syuting hari ini akan digelar di Bandara Sepinggan, Pelabuhan Semayang, Pantai Manggar, dan dilanjutkan di Kutai Barat.
The Shaman yang disutradarai Raditya Sidharta berkisah tetang mitos yang berkembang di masyarakat tentang budaya dan adat istiadat di Kalimantan. Ryan, seorang dokter dari Jakarta, mendapat tugas pertamanya di pedalaman Kalimantan. Ryan ternyata tipe pria yang kurang peduli dengan peringatan masyarakat mengenai perbedaan kultur tradisional. Di pedalaman, Ryan harus berhadapan dengan Aziz, dukun yang memiliki kekuatan supranatural. Saat berlibur ke suatu tempat bersama teman- temannya, ia dihadapkan pada situasi mencekam. Satu per satu temannya hilang secara misterius. Ryan juga sering mendapat mimpi buruk dan mengalami kejadian mistis yang mengerikan. (fix)

ada fotonya:
Piet Pagau, aktor senior pendukung The Saman, ternyata piawai menari Tari Perang dari Dayak Bahau.

Tentang Film The Shaman
– Produsen    : Indika Entertainment
– Sutradara    : Raditya Sidharta
– Genre    : Thriller Adventure
– Durasi    : 90 menit
– Pemain     : Oka Antara, Nadine Chandrawinata, Farah Debi, Vicky Nitinotonegoro, Kemal
Vivaveni, Pit Pagau, Julia Peraz, Dirly Indonesian Idol,  Kimidia Radisti
– Syuting    : Agustus – September 2007
– Premier    : September 2007 (tentatif) (fix)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: