Tiga Titik Api terdeteksi di Empat wilayah

Balikpapan, Tribun – Satelit NOAA 12 menemukan 3 hot spot (titik api, red) di daerah Kalimantan Timur pada pukul 18.20, Senin (6/8). Sebelumnya, pada pukul 13.55,  NOAA 18 menemukan 7 titik api, kemudian berkurang menjadi 1 titik api pada pukul 18.20 wita
pada Minggu (5/8). Titik api itu tersebar di daerah Kutai Kertanegara, Berau, Bulungan, Pasir.
Walaupun masih sedikit titik api yang ditemukan, Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Kebakaran Hutan dan Lahan Kalimantan Timur (Kaltim) Kusnadi Katam mengatakan bahwa potensi kebakaran cukup besar.

“Sekarang memang statusnya masih normal. Tapi, ini kan sudah mulai memasuki bulan Kemarau, temperatur cukup tinggi sementara curah hujan juga mulai menurun. Ini menyebabkan bahan bakar (ranting pohon, ilalang, dsb, red) lebih cepat kering dan potensi kebakaran semakin besar,” kata Kusnadi ketika ditemui disela-sela Konsultasi Publik draft Peraturan Daerah Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kaltim di Comfort Sagita Hotel, Selasa (7/8).

Dengan status ini, menurut Kusnadi, ada empat hal yang perlu dipersiapkan. Keempatnya itu yakni Sumber Daya Manusia (SDM), komunikasi, peralatan dan anggaran. “Petugas terlatih dari level manajerial hingga petugas pemadam ditingkat masyarakat harus waspada. Nomor-nomor penting dan peralatan komunikasi harus dipersiapkan dengan baik. Jika ada titik api, kita bisa melakukan koordinasi secepatnya,” ucap Kusnadi.

Namun, jika status kebakaran hutan dan lahan naik ke siaga, maka setiap petugas harus melakukan patroli, memantau keberadaan titik api dan memadamkannya. Saat ini, pihaknya, tidak melarang penduduk yang membakar lahan, hanya menyarankan untuk hati-hati menggunakan api. “Namun, jika statusnya naik menjadi siaga 2 dan 1, maka kegiatan pembakaran lahan akan dilarang,” katanya. Berubahnya, status menjadi siaga tidak hanya ditentukan oleh banyak titik api, tapi juga temperatur,  cuaca dan lainnya.(m18)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: