Anak-anak di Kota Rentan penyakit Campak

* Dyah : kalau sakit tunda dulu Imunisasi

Balikpapan, Tribun – Program imunisasi campak yang dilaksanakan selama 15 hari ditargetkan diikuti 64.000 anak yang tersebar di lima kecamatan. Pada program yang dimulai 10-25 Agustus 2007 itu, Dinas kesehatan Kota (DKK) Balikpapan menyiapkan 6.000 vial vaksin campak.

Pelaksanaan mulai pukul 8 sampai 15 dan dilakukan serentah di seluruh pos imunisasi

“Selain injeksi campak, kita juga memberikan tes polio dan vitamin A kelas 1. Stok kita sediakan cukup,, jadi ibu diharapkan kedatangnaya di pos imunisasi yang bertanda program imunisasi campak. Tapi balita yang diinjeksi campak harus benar-benar sehat, Kalau sakit harus tunda dulu,” kata kepala DKK Dyah Muryani Jumat (3/8)

Dyah menjelaskan prevalensi penyakit campak di Balikpapan sekitar 10-17 persen dari 70.000 anak di balikappan. Program Imunisasi campak dilakukan serentak secara nasional karena pelaksanaan imunisasi campak belum optimal. Terbukti masih banyak kasus yang terjadi. Campak di Balikpapan tersebar di wilayah dan paling dominasn berada di kota. Padatnya penduduk dan rumah yang berdempetan menyebabkan anak-anak yang tinggal di kota rentak terkena penyakit campak.

“Sebenarnya campak bisa dicegah dengan imunissi tapi karena belu optimal sehingga masih banyak kasus campak yang terjadi. Penyebanya demam dan penyakit itu menular. Kota sangat rentan karena tempat tinggal berhimpitan sehingga cepat sekali menular. Kota kan tempatnya padat, anak-anak bebas bermain bersama,” ujarnya.

Gejala campak terlihat pada demam dan ruam pada kulit anak. Campak tak terlalu berbahaya apabila tidak diikut gejala penyakit ikutan atau ada virus berbahaya lain. Program imunisasi campak ini DKK mengerhakan sekitar 43.000 kader dan 250 tenga medis. Sekitar 20-30 relawan asal PMI yang tlah dilatih juga akan membantu pelaksanaan imunisasi.(lia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: