LSM dan Ormas Terus Dipantau

Kesbanglinmas

* darmansyah : Jangan hanya dirikan papan nama

Tenggarong, Tribun – Badn Kesatuan Bangsa dan perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kabupaten Kukar terus melakukan pengontrolan dan evaluasi erhadap kegiatan lembaga kegiata masyarakat (LSM) dan organiasi masyarkat (Omras)lainnya. Hal itu dilakukan agar keberadaan dan aktifitas ormas dan LSM tersebut terus terpantau dan terdata. Pasalnya diduga banyak ormgas atau LSM yang ada hanya sekedar mendirikan papan nama namun tidak aktif.

Kepala kesbanglinmas Kukar Darmansyah BA akhir pekan lalu mengatkan, semua kegiatna yang dilakukan LSM dan ormas di Kukar harus jelas. Menurutnya, cukup banyak ormas dan LSM yang bekerja secara professional namun banyak juga yang memanfaatkan hnay untuk memperoleh dana dari Kesbanglinmas atau disalahgunakan untuk kepentingan orang atau golongan tertentu..

Menurutnya, LSM merupakan organisasi kemasyakratan yang bertugas membantu masyarakat dan melakukan control social terhadap kegiatan pemerintahan.

“Oleh karena itu jika ada LSM yang melakukan intimidasi atau meminta-minta proyek pada dinas atau instansi, itu merupakan pelanggaran dan penyimpangan terhadap AD/ART dan tujuan dari dibentuknya lembaga itu. Jika LSM atau ormas digunakan sebagai tempat untuk mencari makan atau disalahgunakan pasti akan ditindak,”katanya

Sejak era reformasi lanjutnya, ormas/LSm tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Visi dan misi yang idtwawrkan terkadang cukup ideal, saying dalam prakteknya terkadang melenceng.

Menurut Darmansyah, kehadiran atau keberadaan ormgas atau LSm memang diperlukan, selama merka bisa memberi manfaat masyarakat banyka.

“mereka juga dibutuhkan sebagai alat control terhadap kebijakan pemerintah dan sekaligus bisa membantu pemerintah untuk mempercepat program pembangunan,” ujarnya

Setiap LSM atau ormas harus memiliki surat keternagna terdaftar dari Kesbanglinmas. Tanpa itu , Organiasi tersebut dianggap illgal

:Sebagai konsekuensinya, organisasi itu tidak bisa mendpatkan dana bantuan dari kesbanglinmas,” ujarnya.(bam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: