Rp 48,05 Miliar Askeskin Belum Tertagih

* Menunggu Verifikasi Dugaan Ketidakwajaran pelayanan Obat

Jakarta, Tribun – PT Kimia Farma belum dpaat mencairkan tagihannya mencapai Rp 48,05 miliar terkait adanya pembengkakan klaim biaya pelayanan Askeskin (Asuransi kesehatan bagi masyarakat miskin) di rumah sakit dalam besar yang tidak wajar.

Presiden Direktur Kimia Farma Gunawan Pranoto di Jakarta, Jumat mengatakan persetoan saat ini belum dpaat mencairkan tagihan dari 25 apotek yang ada di rumah sakit yang melayani Askeskin.

Menurut Gunawan, Besaran tagihan tersebut cukup menganggu cash flow perseroan, dan pencairan ini masih menunggu verifikasi terhadap kebenaran dugaan ketidakwajaran pelayanan obat oleh ke-25 apotek milik perseroan.

Untuk itu,lanjutnya, perseroan saat ini telah menurunkan tim SPI (Satuan Pengawasan Internal) melakukan intern audit terhadap lima apotek di Rumah Sari RS Bau-bau Sulawesi Tenggara, RSUD Manado, RS Suraji Klaten-Jawa Tengah, RS Muntardi Solo-Jawa Tengah, dan RS Zainul Abidin Abidin Banda Aceh

“Jika ditemukan kebenaran adanya penyimpangan maka pihaknya akan melakukan sanksi dan hokum pada mereka,” kata Gunawan.

Dia juga menjelaskan bhawa pihaknya tidak membantak dan membenarkan pernyataan Menteri keshatan Siti Fadillah yang mengungkpakan ada salah satu rumah sakit yang melakukan itu bekerjasama dengan salah satu BUMN Kiamia Farma. Gunawan menambahkan bahwa apotek Kimia Farma yang ada di rumah sakit yang melayani peserta program Askeskin telah menajlankan sesuai prosedur. Gunawan mengungkapkan bahwa untuk resep yang sesuai DPHO (Daftar Plafon harga obat) yang dikeluarkan oleh PT Askes. Apotek Kimia Farma menyerahkan obat ke pasien setelah disetujui petugas pengendali yang ditetapkan pihak askes.

Sedangkan untuk obat di luar DPHO, kata Gunawan, penyerahan obat dilengkapi dengan protocol terapi yang ditantangani oleh dokter penulis resep, penanggungjawab departemen, Direktur RS dan tim pengendali Askes dengan harga yang sesuai ketentuan.(ant/persda Network/ade).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: