2009, Produksi Minyak Menuju 1,3 Juta BOPD

–  Chevron Akan Jadi Andalan Pemerintah

Balikpapan, Tribun – Produksi minyak bumi dari Chevron akan menjadi andalan pemerintah dalam pencapaian target produksi pada 2009 mendatang, yang menuju 1,3 juta Barrel Oil Per Day (BOPD). Hal ini beranjak dari 50 persen produk minyak nasional dikuasai oleh Chevron Indonesia Company.
“Untuk saat sekarang ini, kuantitas produksi Chevron memang nomer satu. Baik di tingkat nasional maupun produksi minyak di wilayah Kaltim,” ujar  Kepala BP Migas Kalimantan Sulawesi Agus Suryono pada Tribun, Kamis (1/2).
Untuk wilayah Kalimantan- Sulawesi,  produksi minyak bumi dari Chevron mencapai 13,065 BOPD dari 30,539 BOPD, atau 43,3 persen dari yang dihasilkan lainnya Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) meliputi, Total E&P Indonesie, VICO Indonesia, Pertamina EP Region KTI, Medco E&P Indonesia, JOB Medco Tomori, Perusda Benuo Taka dan Energy Equity Epic.
“Secara produksi, Kaltim masih merupakan daerah penghasil minyak yang potensial. Sekitar 15 persen produksi  minyak nasional  tahun 2006 lalu, yang mencapai 1,006 juta BOPD dari target 1,050 BOPD berasal dari sumur-sumur minyak di Kaltim,” ungkapnya.
Meski belum bisa menentukan berapa target produksi minyak bumi di Kaltim pada 2007 ini, ia tetap optimis, secara nasional produksi minyak bumi dapat tercapai sesuai target yang ditentukan.Namun untuk Kaltim sendiri, bila tidak ada pengeboran sumur-sumur eksplorasi yang baru, kemungkinan produksi minyak bumi Kaltim akan menurun dari tahun sebelumnya.
“Saat ini untuk eksplorasi sumur-sumur baru sedang dibicarakan di tingkat pusat. Nanti kalau sudah selesai, baru bisa kita perhitungkan kira-kira target produksi minyak bumi di Kaltim berapa.  Kemungkinan datanya baru bisa diperoleh Maret mendatang,” tambah Agus.
Upaya peningkatan produksi minyak terus dilakukan. khususnya yang bersifat jangka pendek dan menengah guna menahan laju penurunan produksi minyak saat ini. Kebijakan tersebut diantaranya adalah percepatan pengembangan lapangan baru serta optimalisasi perawatan sumur dan fasilitas produksi. Sejak BP Migas berdiri tahun 2002 hingga kurun waktu 2006, telah dapat diproduksikan (on stream) sekitar 49 lapangan baru dari 108 Plan of Development (POD)  yang telah disetujui.
Sementara optimalisasi perawatan sumur dan fasilitas produksi difokuskan pada lapangan-lapangan produksi terbesar di wilayah kerja Chevron (PT CPI).(sar)

Produksi Minyak Bumi KKKS di Wilayah Kalimantan Sulawesi 2006
KKKS                Produksi (BOPD)
PT Total E&P Indonesie        7,77
Chevron Indonesia Company        13,065
VICO Indonesia            3,942
Pertamina EP Region KTI        4,844
Medco E&P Indonesia        672,628
JOB Medco Tomori            244,883
Perusda Benuo Taka            0
Energy Equity Epic            0
Total                    30,593
Ket :
*KKKS : Kontraktor Kontrak Kerja Sama
BOPD : Barrel Oil Per Day
Data Total dan VICO s/d November 2006
Sumber : BP Migas Kalimantan Sulawesi/(sar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: