Ekspor Ikan Capai 30 ton Per Bulan

>Ke Singapura, Korea dan Jepang

BALIKPAPAN, TRIBUN – Ekspor perikanan di Balikpapan tak terpengaruh embargo hasil perikanan oleh China. Pasalnya, selama ini Kalimantan Timur khususnya Balikpapan lebih banyak mengekspor hasil perikanannya di Singapura, Korea dan Jepang. Total ekspor setiap bulannya mencapai 30 ton. Jenis ikan yang diminati adalah ikan kerapu sekitar 40 persen dan jenis udang berkisar antara 50-60 persen.
Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Perikanan dan Kelautan Balikpapan Amin Latief usai Coffee Morning di kantor walikota, Senin (13/8). “Kita tidak pernah mengekspor ke China. Sudah sejak awal permintaan kebanyakan berasal dari Singapura Korea dan Jepang,” tutur Amin.
Ditambahkan Amin, selama ini produk hasil laut Kaltim tak pernah mendapat komplain dari masyarakat. Bahkan setiap tahunnya, permintaan ekspor membludak. Namun karena hasil perikanan Balikpapan lebih mengandalkan hasil tangkapan nelayan sehingga permintaan belum bisa dipenuhi. Produk perikanan juga belum dikelola dengan maksimal karena Balikapan merupakan daerah kota yang tidak secara khusus mengandalkan penghasilan dari perikanan.
“Kita harus menekankan kualitas untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan. Makanya, mulai dari penangkapan, ke penampungan untuk disortir dan diolah hingga pengepakan benar-benar dikontrol ketat. Makanya selama ini kita belum pernah mendapat komplain,” tuturnya.
Ia mengaku potensi perikanan di Kaltim cukup besar. Dari jumlah permintaan pasar pun tergolong tinggi. Namun karena hasil perikanan lebh mengandalkan tangkapan nelayan sehingga jumlah ekspor kerap fluktuatif tergantung kemampuan. Total penghasilan dari ekspor belum bisa terdeteksi. Karena selama ini, penghasilan dari ekpor perikanan langsung masuk ke kantong provinsi.
“Kita tidak bisa memberi data berapa penghasilan kita dari ekspor. Di Balikpapan ini hanya jadi sentra pengumpulan hasil pengolahan perikanan. Perusahaan-perusahaan perikanan pun yang banyak tersebar di Balikpapan tak kita ketahui pasti ekspor yang mereka lakukan,” tandasnya. (lia)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: