Msr Dicecar 30 pertanyaan

Pemeriksaan Tersangka
BALIKPAPAN,TRIBUN- Penyelidikan kasus kerusakan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) dan patok perbatasan masih dilanjutkan oleh Polresta Balikpapan. Msr, salah satu pengurus LPM Karya Merdeka diperiksa di ruang Unit Tipiter, Sat Reskrim Polresta Balikpapan, Selasa (14/8).
Kasat Reskrim AKP Agus Setyawan mengungkapkan, pemeriksaan terhadap Msr berlangsung hingga pukul 04.00 dini hari. Sebanyak 30 pertanyaan diajukan terkait pelebaran jalan yang dilakukan di kawasan HLSW tersebut.
“Dia mengaku bertanggung jawab atas pelebaran jalan dengan alasan sebagai untuk akses tambang rakyat galian C di Mentawir, Kutai Kartanegara. Untuk sementara dia kita mintai keterangan dan  selanjutnya akan kita kross cekkan dengan keterangan dari pihak-pihak terkait,” kata Agus, Rabu (15/8) di Mapolresta Balikpapan.
Msr juga mengaku kepada polisi bahwa, proyek yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 21 Juli hingga 25 Juli 2007 tersebut tanpa izin. Sedangkan alat berat disewa Rp 270.000 per jam.
Polisi saat ini tinggal menunggu keterangan dari saksi ahli, yakni Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kaltim untuk mengetahui batas wilayah Balikpapan-Kukar. Dari keterangan tersebut dapat diketahui titik koordinat batas wilayah dan seberapa jauh patok bergeser.
Sedangkan keterangan dari Biro Hukum Pemkot Balikpapan untuk mengetahui batas wilayah HLSW.  “Jika batas-batas HLSW diketahui maka akan diketahui seberapa luas areal yang sudah rusak akibat proyek tersebut. Kami juga akan koordinasikan dengan Bapeldada Balikpapan terkait kerusakan tersebut,” kata Agus.
Namun sejauh ini belum ada kepastian waktu pemanggilan para saksi ahli. Agus mengaku dalam waktu dekat akan mengirimkan surat kepada pihak-pihak terkait. (m17)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: