Hari Gini Masih Malu ?

Sendirian di kantor tidak ada teman untuk mengobrol hanya untuk sekedar sharing, rasanya seperti mau mati saja! Sepanjang hari dikantor hanya mengutak ngutik pekerjaan Anda hanya untuk mencari kesibukan saja. Normalkah saya?

Jika Anda memiliki sifat-sifat seperti ini, malu berbicara di depan orang banyak, Anda memiliki perasaan minder dalam pergaulan dan sering kali malu dengan penampilan diri Anda sendiri. Apakah tanda-tanda diatas ada dalam diri Anda? Jika jawabannya Ya, dipastikan adalah orang pemalu.

 

Semua orang pasti memiliki rasa malu dan kadar malu setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki sifat sangat pemalu dan ada juga yang biasa-biasa saja. Jika Anda telah bekerja, Anda akan menemukan berbagai macam karakter sesorang dan dari lapisan masyarakat yang berbeda-beda pula.

 

Disinilah Anda dituntut untuk bisa membaur dan belajar beradaptsi satu sama lain. Tidak mungkin selamanya Anda akan bersikap seolah-olah Anda bekerja sendirian di kantor. Tidakkah Anda menginginkan bisa jalan bersama, makan siang, tertawa bersama atau bahkan hang out bersama dengan rekan kerja Anda?

Mempunyai sifat pemalu boleh-boleh saja, tetapi juga jangan terlalu. Kini Anda sudah bekerja dan berpikir pun dengan dewasa. Anda bukan anak kecil lagi yang harus diajarkan bagaimana cara untuk bisa beradaptasi.

 

Tanpa disadari sifat pemalu yang ada dalam diri Anda akan membuat karier Anda terhambat loh. Gak percaya? Coba deh Anda tengok sekeliling kantor Anda, top management nya apakah ada yang pemalu? Tidak kan, pasti mereka bersikap low profile. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa malu tersebut.

 

Jangan takut salah. Malu biasanya karena adanya perasaan takut salah atau malu karena ditertawakan orang banyak. Jadi sebelumnya tanyakan pada diri Anda sendiri, apa yang menjadi latar belakang ketakutan Anda.

 

Jangan melihat kelemahan diri. Ketahuilah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Jangan jadikan kelemahan dalam diri Anda menjadi penghambat, justru gali kelebihan-kelebihan yang Anda punya. Dengan begitu rasa percaya diri Anda semakin kuat dan perasaan malupun bisa ditaklukkan.

 

Anda bingung jika datang ke suatu acara akan sendirian berada disana. Jangan khawatir dan panik, sebelumnya Anda harus mempersiapkan bahan-bahan obrolan sehingga Anda tidakpasif diantara orang banyak

 

Satu faktor layak untuk mendapat perhatian adalah penampilan Anda. Jangan salah loh dengan penampilan yang baik akan membuat Anda makin percaya diri.

Jika semua cara telah dilakukan tetapi tidak ada perubahan, maka tidak ada salahnya Anda ikut kursus public speaking. Rasa malu go away!

http://www.hanyawanita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: