Bahasa Tubuh Cinta

Ditulis oleh Syafree di/pada Juli 5th, 2007Biasanya, cewek akan ngasih tanda ‘ya’ ato ‘tidak’ jika ada cowok yang pedekate. Cowok akan menentukan langkah selanjutnya, maju terus atau mundur, kalo mendapat sinyal-sinyal dari cewek. Kebanyakan dari kita menganggap, keheningan yang tercipta selama kencan adalah pertanda buruk. Kita menganggap ‘udara yang kosong’ dari suara’ sebagai tanda bahwa kita gak ‘nyambung’. Belum tentu, Bung! Kadang-kadang apa yang tidak dikatakan padamu adalah sesuatu yang seharusnya kamu ‘dengarkan’.Diam itu emas. Sepertinya pepatah ini ada benarnya. Ada banyak ‘emas’ yang dapat kamu dulang selama waktu diam-nya. Kamu bisa ‘mendengar’ lebih jelas tanda-tanda yang diberikannya padamu.Sedikit bermain dengan fakta, kita menggunakan bahasa lisan dalam kehidupan kurang dari 15%. Sedangkan lebih dari 50% bahasa yang kita sampaikan kepada orang lain adalah bahasa yang menggunakan bahasa tubuh. Kita lebih banyak menyampaikan pesan melalui tubuh, dibandingkan melalui mulut. Yup, anggota badan kita yang lain juga ternya bisa ‘bicara’. Menyampaikan tanda-tanda yang kadang menyetujui ucapan-ucapan yang dikeluarkan oleh mulut. Tapi kadang, bahasa tubuh mengatakan hal yang berbeda dari yang diungkapkan oleh sepasang bibir manis cewek gebetanmu. So, mari kita menyelam ke dalam tubuh. Tutup mulutmu, dan mulailah bicara dengan tubuhmu. Sssst….diam dan dengarkan.Ketika kamu sedang dalam masa perburuan, kamu akan mendapatkan setidaknya dua respon sederhana yang diungkapkan dengan cara tidak sederhan sama cewek yang kamu dekati. Yang satu adalah reaksi penolakan (closed gesture), dan yang lain adalah reaksi penerimaan (open gesture). Well…kayaknya kita perlu bikin rangkuman singkat tentang ‘tanda-tanda’ atau bahasa tubuh ini. Yah, setidaknya buat membantumu memahami dan menyimpulkan ke’diam’an cewek yang kamu kejar. Seperti yang sudah kita sepakati, diam itu emas. BAGIAN KEPALAKita mulai dari atas, okey?

n       MataKata orang-orang tua, kata orang-orang bijak, kata para penyair, kata para filsuf: mata adalah jendela dunia. Kata orang-orang lagi:             Darimana datangnya lintah, dari sawah turun ke kali            Darimana datangnya cinta, dari mata turun ke hati… (anonim)Percaya deh, semua yang dikatakan orang-orang itu benar. Iya, kita emang kadang suka ga percaya dengan yang berbau-bau ‘kode etik’ lama. Kuno, begitu mungkin kata kamu. Tapi setelah di lihat-lihat nih, ternyata benar banget pepatah, pepatah yang saya tulis di atas. Semua berawal dari mata. Ga percaya? Ketika kamu melihat cewek yang kamu suka, pupil matamu akan membesar. Matamu terasa kering, karena itu otak memerintahkan untuk membasahi matamu lebih banyak. Karena itu lah mata terlihat lebih bercahaya. Begitu pun sebalik, cewek pun mengalami hal yang sama. Matanya akan berkilat, lebih bercahaya jika dia bertemu dengan seseorang yang dia sukai. Dan fokus terhadapmu.  Yah, cewek-cewek di Indonesia mungkin jarang yang berani memandang langsung dan lama terhadap lawan bicaranya. Kamu yang harus mengambil inisiatif untuk memandang matanya. Perhatikan mata cewek yang sedang bicara denganmu. Memandang langsung pada mata adalah tanda kepercayaan diri yang tinggi, karakter yang kuat, determinasi, dan persuasif. Wuiiii….h bahasanya aneh ya? Tapi hati-hati jangan terjebak menjadi: ‘mata keranjang’ mata yang selalu berpikir ke ranjang hehehe, ato mata penjahat. Tau mata penjahat? Entahlah, setiap kali saya memandang ke cermin selalu yang terlihat adalah mata yang begitu indah dan meyakinkan: “Oh men…kamu adalah orang hebat. Berapa orang cewek yang akan kamu taklukkan hari ini?” enggak, enggak, mata orang jahat artinya, mata yang membuat tidak nyaman jika dipandang, menimbulkan rasa takut. Jangan sampai lah ya. Ya, banyak-banyaklah nonton film bermutu yang menampilkan kekuatan karakter wajah pelakunya pelakunya, salah satunya nontonlah Trilogi Red Dragon, Silent of the lambs, Hannibal-nya Anthony Hopkins. Perhatikan karakter si Hannibal Lector yang psikopat itu. Matanya begitu tajam menyeramkan. Seprti itulah mungkin mata seorang penjahat.  Nah, sepanjang dia bicara denganmu dia akan mengedipkan mata lebih sering dari biasanya. Hal ini disebabkan adanya hormon yang membuat matanya menjadi terasa kering sehingga mata perlu sering dibasahi dengan mengedipkannya. Kadang, hal ini juga diikuti dengan tingkah melebar-lebarkan bulu mata. Hehehe, dia lagi gak pede tuh, sehingga secar tidak sadar tangannya ingin menutupi diri dari pandanganmu. Memang butuh sedikit keahlian. Tapi yakinlah kamu bisa.

n       AlisAlis akan bergerak cepat jika cewek bertemu dengan orang yang disukainya. Kamu harus jeli pada kesempatan pertama. Hal ini berlangsung sangat cepat dan sekilas. Tak ada kesempatan kedua. Oh ya, satu tanda yang mengiringi alis ini adalah senyum. So, perhatikan jangan samaoi kamu kehilangan kesempatan.  

n       HidungHidung cewek akan terlihat mengembang jika dia bertemu dengan orang yang disukainya. Ya, hal ini juga selalu diiringi dengan mata yang membesar.  

n       RambutKawan, kalo kamu ngobrol dengannya lihatlah rambutnya. Jika dia sering memain-mainkan rambuntya, menyisir dengan jari, membenarkan letak rambut yang di depan mata, atau sering menggulung rambut kemudian menggeraikannya itu berarti dia sedang berkata: “Lihat, rambut ku indah bukan? Kamu boleh memandanginya sepuasmu!” so, selamat menikmati. 

n       LeherSebenarnya hal yang satu ini masih berhubungan dengan rambut. Jika dia suka padamu dia akan membiarkanmu memandangi keindahan lehernya dengan menggulung rambut dan mengikatknya. Atau, jika dia tidak mengikatnya, dia akan menggulung, mengangkatnya agar lehernya yang indah itu terlihat olehmu, dan menguraikannya kembali. Beberapa saat kemudian dia akan mengulangi tingkah yang serupa. Kalo ini yang terjadi jika kalian berdua sedang ngobrol, maka kamu boleh memberi selamat buat kamu sendiri.  

n       Bibir/mulut/suaraSenyum! Itu inti dari semuanya. Setiap orang yang tersenyum menandakan dia senang terhadap orang yang berhadapan dengannya. (Kita gak usah membahas senyum munafik ya? Pada akhrinya nanti kamu akan mengerti sendiri mana senyum yang iklas, dan mana senyum yang bo’ong-bo’ongan).  Jika dia senang ngobrol denganmu dia akan tertawa rileks, memperlihatkan giginya yang berderet indah. Sesekali lidahnya akan menyapu bibir untuk membasahinya. Yah, setidaknya reaksi tubuh alami ketertarikan seseorang kadang membuat nervos dan menjadikan bibir terasa kering, karena itulah lidah berguna di sini. Untuk membasahi bibir yang kering, juga memberi tahumu! Satu lagi, dia juga kadang akan menyentuh ujung gigi bagian atas dengan lidahnya. Hehehe…ini tanda bagus, Bung.  Perhatikan juga cara dia bicara, orang akan selalu menyesuaikan cara mereka bicara dengan orang yang mereka sukai. Mereka akan berusaha menyamakan nada suara, tinggi rendahnya, kecepatan bicara atau bahkan kata-kata yang sering digunakannya. Atau, jangan-jangan kamu sendiri sudah terpengaruh dengan gaya bicaranya dia? Ngaku aja deh, iya juga ga pa pa….Eh iya…dia akan banyak sekali tersenyum kalo dia berada dekat denganmu. Tertawa lepas dengan humormu yang kadang tidak lucu, atau jangan-jangan dia tertawa genit neh? Weh… itu mah tanda-tanda… 

n       PipiPerhatikan pipinya yang berubah menjadi lebih cerah dan merona. Ceilee…bersemu merah, gituuu….yah, reaksi malu-malu kucing lah isitilahnya. Sepanjang pembicaraan kalian berdua, dia akan sesekali menyentuh atau mengusap pipinya.  

n       Kepala Kepala yang cenderung ke arahmu adalah tanda menunjukkan dia fokus kepadamu. Bahwa, saat itu tak ada yang lebih penting dari kamu yang berada di hadapannya. Pastikan kepalanya menghadap kepadamu, jika kamu ingin mengetahui pakah dia tertarik atau tidak kepadamu. Jika kepalanya tak bisa diam, menoleh ke sana kemari, mata yang menerawang jauh, kamu sedang tidak beruntung. Dia tidak tertarik dengamu. Tapi, mari kita berpikir yang paling baik saja: mungkin dia sedang bad mood. Hehehe…coba lain kali ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: