Tanda Kamu Tak Siap Punya Pasangan

Ditulis oleh Syafree di/pada Juni 22nd, 2007

Wah, belum-belum udah ngomongin nyari pasangan n’ pengen nikah. Iyalah, saya ngerti kalo kamu bosen pacaran, dan mencari mencari relasi yang lebih pasti. Lagian masa pacaran terus seumur hidup? Tapi, ada banyak hal yang bisa bikin orang nggak pengen nikah cepet-cepet. Misalnya nih, trauma dengan kisah cinta yang selalu putus di tengah jalan, bosen diputusin melulu, berantem terus, atau nggak punya waktu buat diri sendiri. Selain itu, kamu siap nggak sih, menghadapi semua konsekuensi dari yang namanya pernikahan? Sementara dengan kisah cintamu yang sebelumnya pun kamu sering menemui kegagalan. Usut punya usut, ternyata ada beberapa tindakan yang menandakan bahwa kamu nggak siap untuk menikah. Jika kamu sedang mengalami satu atau beberapa dari beberapa hal di bawah ini, maka jangan berpikir untuk punya cewek, apalagi menikah.

 #1. Playboy AbisPernikahan adalah satu cowok-satu cewek. Jika kamu nggak bisa membayangkan hidup dengan hanya satu cewek, maka kamu nggak siap hidup dalam pernikahan dengan satu orang yang nggak berganti-ganti. Hal ini bukan saja tentang hubungan fisik semata, melainkan hubungan emosional. Kematangan emosi seseorang dapat dilihat dari kemampuan mereka berkompromi dengan satu orang cewek. Bukan menghindar dan mencari ganti jika mereka mengalami satu masalah. Kalo kamu nggak bisa meninggalkan masa-masa menyenangkan dengan para pacar-pacar dan pemujamu itu untuk satu orang cewek tetap dengan segala kelebihan dan kekurangannya, maka jangan berpikir untuk menikah!  

 #2. (Terlalu) Bahagia menjadi Jomblo Beberapa orang nggak bisa lepas dari kebiasaan hidup yang mereka jalani selama ini. Mereka berasumsi bahwa nggak ada seorang pun yang berhak untuk merubah jadwal hidup, kebiasaan makan, kebiasaan berpakaian, menyesuaikan waktu dengan orang lain. Mereka nggak bisa menyesuaikan kebiasaan diri sendiri dengan kebiasaan orang lain dan berkompromi terhadapnya. Kamu merasa berbahagia dengan kamu sendiri. Berbahagia dengan semua aktivitas single fighter-mu tanpa harus memikirkan orang lain.Berkomitmen dengan cewek bukan berarti hanya kamu harus mengumumkan kepada dunia bahwa kamu nggak jomblo lagi. Tapi lebih dari itu, kamu harus selalu membawa cewekmu dalam kepalamu, dalam hatimu pada saat kamu bersama teman-temanmu. Dan lebih berat lagi pada saat kamu sedang sendiri. Kamu harus selalu memikirkan kebutuhan cewekmu, memikirkan perasaan cewekmu. Dan kamu harus siap menjadikan masalahnya sebagai masalahmu juga. Menjadikan kesakitannya sebagai kesakitanmu. Berupayalah untuk memahami bahwa kamu sekarang nggak sendiri. Bukan jomblo yang bisa seenaknya melakukan segala sesuatu tanpa perlu memikirkan cewek. Kamu harus memahami mana batas yang boleh dan mana yang nggak boleh dilakukan. Jika kamu nggak tahu batasnya, jangan berpikir untuk menikah! 

#3. Nggak Bisa KompromiNggak ada salahnya menjadi pribadi yang independen. Tapi, kamu pasti nggak ingin jika cewekmu juga melakukan hal yang sama; menjadi pribadi yang sangat mandiri seolah-olah nggak membutuhkan kamu. Nggak menganggap penting keberadaan kamu di sampingnya. Pernikahan adalah langkah besar dalam hidup. Kamu harus menerima semua konsekuensi apapun yang muncul dalam pernikahan. Kamu harus menerima dan berkompromi dengan realitas yang dihadapi dalam sebuah rumahtangga. Kamu harus berkompromi dengan kebiasaan dan menerima cewek, istrimu, dengan segala keutuhannya. Jika kamu nggak bisa menerima apa-apa yang dilakukan oleh cewekmu, bahkan untuk hal-hal kecil; seperti kebiasaan jam makan yang teratur, atau harus selalu membersikahkan kamar mandi setiap tiga hari sekali, atau pengaturan letak barang-barang dalam kamarmu, maka masalah nikah boleh di-pending bentar dari agendamu.  

#4. Fisik yang menarikSemua manusia selalu bertambah usia dan menua. Seiring dengan itu, kecantikan dan keindahan fisik akan memudar. Kebanyakan orang mungkin akan bertambah gemuk, menjadi keriput. Bagaimanapun perubahan penampilan fisik cewek, jika kamu mencintainya maka semua perubahan itu nggak akan terlihat. Karena, kamu mencintai cewekmu lebih dari tubuh mereka. Kamu mencintai keseluruhan dari apa yang ada pada cewekmu.Jika ternyata fisik cewek yang berubah memengaruhi ketertarikan dan mengurangi rasa cintamu terhadapnya, dan kamu merasa sangat terganggu dengan hal itu, maka, untuk saat ini, pernikahan cuma bakal jadi prioritasmu yang ke sekian. 

#5. Saya Nggak Lihat Rumah… .Untuk masuk ke dalam sebuah pernikahan kamu harus punya gambaran dan rencana yang jelas tentang sebauah rumah tangga. Kamu harus meyakinkan kamu bahwa kamu merasa nyaman dan aman dengan rencana-rencana yang kalian susun bersama. Kalian berdua harus bisa melihat ‘gambar rumah’ yang akan kalian bangun seolah-olah kalian berada di dalamnya, dan tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga rumah itu tetap nyaman.

#6. Setiap orang punya bawaan; meskipun begitu pernikahan adalah babak baru dalam kehidupanmu dan masa lalumu harus kamu kubur. Kamu harus mengubur kebiasaan-kebiasaan jelek yang akan memengaruhi ketenteraman rumah tangga. Kalo nggak, maka kalian berdua akan mengalami masalah besar: masalah emosi bawaan dari masa lalu.Jika kamu nggak bisa menghilangkan kebiasaan emosional dari masa lalumu dan menjadi orang yang stabil dan kalem, serta tenang, maka jangan menikah dulu deh…

 #7. Dikejar usiaKetika seseorang sudah sampai pada umur tertentu, kadang orang-orang mulai kasak-kusuk membicarakannya kenapa dia belum menikah. Jangan berpikir untuk  hubungan serius karena orang lain mengatakan, “Kamu sudah harus menikah, ingatlah usiamu yang semakin tua”. Bro, jangan sampe deh keburu-buru nikah cuma karena umur. Bisa-bisa kamu asal pilih cewek, yang penting nikah. Enggak banget.Kamu akan menghadapi masalah yang mengejutkan jika kamu menjalin hubungan serius tanpa persiapan. Kamu akan menikahi orang yang belum tentu kamu kenal dan paham bagaimana dirinya. Dan dia juga belum tentu mau memahami kamu. Jangan menikahi seseorang dengan spontan hanya karena tekanan dari luar. Jika kamu merasa umur memaksamu untuk menikah, maka jangan menikah. Tunggu sampe ketemu cewek yang bener-bener sreg di hati. Tapi bukan berarti kamu hanya berpangku tangan lho… gak ada ceritanya sumur yang mendatangi timba. Kamu yang harus proaktif berburu. Ingat umur juga lah ya… . 

#8. KetidakpastianHidup bersama orang lain mungkin akan terlihat menakutkan. Kebanyakan orang merasa sangat takut untuk melihat lebih dalam dan memahami orang yang hidup bersamanya. Kita seringkali takut dengan apa yang nggak kita tahu. Dan sayangnya kita sering menghindar dari rasa takut itu ketimbang menghadapi dan membuat semua ketidakpastian itu menjadi jelas. Karenanya, kita sering gagal dengan seseorang dan mencari orang lain.Alasan paling buruk untuk  hubungan serius adalah ‘mental penguasa’. Jika saat ini kamu merasa bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada cewekmu, tanpa merasa perlu bantuan dari cewekmu, maka jangan pernah berpikir untuk menikah! Pengena baca lebih banyak tips relasi kaya gini? Sabar ya… bentar lagi buku saya yang ngebahas ini bakal keluar. Judulnya ‘Upgrade Your Love” . Tunggu aja akhir Juni, atau awal Juli bukunya bakal masuk toko buku. Wokeh? Selamat belajar…! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: