Kredit Syariah Tersalur Rp 232 Miliar

* Pembiayaan Dari Bank Muamalat dan PNM

Balikpapan, Tribun – Realiasi penyaluran kredit yang disalurkan oleh Bank Muamalat dan PNM mencapai Rp 232 Miliar. Pengucuran kredit didominasi pembiayaan usaha mikro menengah yang bergerak pada perdagangan umum, makanan dan jasa.
Muchtar MD Siswoyo Asisten Director Pengembangan LKS Bank Muamalat mengatakan, Target penyaluran kredit pembiayaan syariah bagi pengusaha Balikpapan padsa tahun 2007 sebesar Rp 400 miliar. Sampai Agustus 2007 terealisasi penyaluran kredit Rp 230 miliar. Sedangkan  target penyaluran kredit secara nasional mencapai Rp 8,7 triliun.. 35 persen dari penyaluran kredit merupakan alinasi dengan  BPR, koperasi maupun BMT dan sebagainya sekitar Rp 2,7 Triliun.
“Komposisi pembiayaan  sebesar 70 persen untuk segmen usaha mikro menengah dan 30 persen untuk pembiayaan komersil. Untuk sektor mikro disalurkan pada usaha  perdangan jasa rumah makan angkutan dan sebagainya,” katanya saat ditemui di Aula Kantor Pemkot Balikpapan, Sabtu (25/8).
Bank Muamalat menyalurkan beragam produk pembiayaan modal kerja mulai dari sistem akad Murabahah, Istina, Mudharabah dan Musyawarah. Untuk sektor mikro, penyaluran kerdit bekerja  BPR, BMT koperasi.
Muchtar MD Siswoyo menilai prospek pembiayaan kredit syariah di Balikpapan sangat menjanjikan. Seiring masih kurangnya lembaga keuangan syariah yang terbentuk di beberapa wilayah.  Padahal permintaan pengusaha kecil terhadap fasilitas kredit syariah tinggi. Tinggi permintaan kredit syariah itu ditunjukkan dari rasio dana pihak ketiga terhadap dana tersalur (LDR)  dari Bank Muamalat Cabang Balikpapan 110 persen. Sampai bulan ini Kredit Pembiayaan tersalur   Rp 230 Miliar lebih besar dibandingkan dana pihak ketiga yang terhimpun sebesar Rp 210 miliar. LDR Pembiayaan kredit itu lebih tinggi dibandingkan LDR perbankan konvensional yang secara nasional mencapai 56 persen.
Muhammad Haikal Kepala Cabang PNM (PT Permodalan Nasional Madani Persero) menerangkan, pembiayaan kredit syariah yang tersalur  Rp 2 Miliar yang digulirkan kepada sektor usaha mikro dan menengah. Penyaluran kredit didominasi pembiayaan modal kerja. Ditargetkan akhir Dsember 2007  tersalur  Rp 16 miliar. PNM menjalin kerjasama pembiayaan bersama Baitul Mal Wat Tamwil, Koperasi Syariah dan lembaga keuangan syariah lain untuk ekspansi pembiayaan tersebut. Pada tahun ini dikucurkan penyertaan modal sebesar Rp 2 Miliar pada mitra lembaga keuangan syariah untuk memfasilitasi penyaluran kredit.(rid)

Pertumbuhan usaha lembaga keuangan syariah naik 35 persen
* Didominasi BMT dan LKMS

Balikpapan, Tribun – Pertumbuhan usaha pembiayaan syariah mengalami peningkatan mencapai 35 persen selama Januari sampai Agustus 2007 dibandingkan pertumbuhan usaha pada tahun lalu. Kenaikan pengucuran pembiayaan itu ditunjukkan oleh kenaikan aset lembaga keuangan syariah yang didominasi oleh pengucuran kredit melalui BMT (Baitul Mal Wat Tamwil),  koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) dan Koperasi Syariah (Kopsah) dan lemabaga keuangan masyarakat syariah (LKMS). Pertumbuhan aset usaha lembaga pembiayaan itu dipengaruhi oleh tingkat perputaran kredit.
“Menurut database kami pertumbuhan aset lembaga keuangan syariah pada 5 BMT,  KJKS dan Kopsak mencapai Rp 2 miliar. Naik 35 persen dibandingkan pertumbuhan tahun lalu  Perputaraan
Perputaran kredit syariah melalui LKMS mencapai 20 persen dari total aset yang diprioritaskan pada usaha mikro menengah,” kata Direktur Badan Pekerja  pusat inkubasi bisnis usaha kecil (BP Pinbuk) Kota Balikpapan Ruhyadi Sujana saat ditemui di Aula Kantor Pemkot Balikpapan Sabtu (25/8). Pernyataan itu dikemukakan usai pelantikan dan launching BP Pinbuk dan  sosialiasi ekonomi syariah.
Ruhyadi Sujana menerangkan, pertumbuhan perputaran kredit tersebut dipengaruhi oleh tingginya permintaan pengusaha kecil menengah yang mengalihkan sumber pembiayaannya. Semula pengusaha mikro menengah mengandalkan kredit dari pinjaman rentenir. Seiring pendirian lembaga syariah, banyak pengusaha kecil yang mengalihkan sumber kredit kepada lembaga keuangan syariah khussnya BMT.
Terdapat beberapa sistem pembiayaan yang terlayani melalui pengucuran kredit dari BMT berbasis bagi hasil. Antara lain   Mudharabah,  Murabahah,  Qardhul Hasan. Nisbah bagi hasil antara debitur dan lembaga keuangan syariah dibawah 2 persen.  Di Balikpapan terdapat 700 debitur pengusha kecil menengah yang memanfaatkan fasilitas kredit dari BMT, KJKS, Kopsak dan lembaga pemberi kredit syariah non-bank.
Sampai Agustus 2007 BP Pinbuk Kota Balikpapan membina  5 BMT serta beberapa badan usaha  KJKS (Koperasi jasa keuangan syariah koperasi syariah) Kopsah (koperasi syariah). Lima BMT yang menyalurkan kredit yaitu Umat Mandiri,  Al Mubarak, Amanah Ummah, Musaadah, dan Halal Bank
BP Pinbuk Kota Balikpapan sedang menjajaki pemekaran intermediasi penyaluran kredit dari lembaga keuangan masyarakat syariah) dan BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) melalui penguatan skill pengusaha khususnya dalam pengelolaan keuangan serta memfasilitasi akses sumber dana bekerjasama berbagai pihak.(rid)

Bank Muamalat Lirik Pembiayaan Kredit Sektor Perkebunan.

Balikpapan, Tribun –  Bank Muamalat melakukan ekspansi pembiayaan kredit syariah pada sektor perkebunan. Sektor yang mendapat prioritas pembiayaan adalah sektor perkebunan kelapa sawit dan  perumahan. Hal ini dikemukakan Asisten Direktur Pengembangan LKS Bank Muamalat Muchtar MD Siswoyo.
“Kami kembangkan sektor perkebunan.  Kami mendorong pembiayaan khususnya pada kelapa sawit antara lain di kabupaten Pasir. Disamping itu sektor perumahan Insya Allah  kami kembangkan,” katanya saat ditemui di Aula Kantor Pemkot Balikpapan, Sabtu (25/8).
Menurutnya, prospek bisnis perkebunan kelapa sawit cukup cerah di masa mendatang. Oleh sebab itu Bank Muamalat siap mengucurkan kredit investasi kelapa sawit yang dinilai layak. Bank Muamalat menyiapkan produk KPR Syariah untuk pembiayaan kepemilikan rumah.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: