Dinkes Balikpapan Nyatakan KLB

* Terkait Kasus Keracunan 57 Warga
Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menyatakan status kejadian luar biasa (KLB) atas kejadian keracunan 57 warga tiga RT yang keracunan setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang dihidangkan pada pesta  pindahan rumah di Sumber Rejo Senin (30/7). Saat ini Dinkes
Balikpapan tengah melakukan pengujian atas makanan dan minuman yang diduga menjadi sumber keracunan itu ke laboratorium kesehatan Samarinda.
Kepala Kesehatan Kota Balikpapan drg Dyah Muryani mengatakan,  pihaknya  mengerahkan ambulance untuk mengangkut 57 warga yang mengalami keracunan di lokasi kejadian. Sebagian dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara dan rumah sakit lain untuk menjalani rawat inap maupun rawat jalan. Atas kejadian itu Dinkes menyatakan status Kejadian luar (KLB) atas banyaknya korban keracunan.
“Setiap kejadian yang menimbulkan banyak korban dikategorikan KLB.  Kami telah mengambil sample di lokasi  untuk diuji. Untuk sample kimia kami bawa untuk diuji di Balai besar POM. Sedangkan untuk sample muntah rectal sweep dibawa ke laboratorium kesehatan propinsi,” katanya, Selasa (31/7).
Sample yang diuji di laboratorium berasal dari beragam makanan yang diduga menjadi sumber keracunan. Sample itu diambil dari rumah tempat pesta pindahan. Diambil minimal 250 gram tiap sample.Ada 11 jenis mMakanan dan minuman yang diambil sampelnya di rumah tempat pesta pindahan rumah di Sumber Rejo adalah ikan, gule, sate, es buah, termasuk penyedapnya. “Cuma mie dan ayam yang tidak didapat sampelnya karena kehabisan,” terangnya.
Hasil laboratorium itu akan keluar dalam waktu 8 jam ke depan. Dijadwaklan besok akan diketahui hasil pengujian terhadap sampel makanan tersebut.
Berasarkan pantuan tribun di Rumah Sakit Bhayangkara,  sejumlah warga mengaku mengalami munctah, pusing, mual dan sakit perut beberapa jam sejak mengikuti pesta pindahan rumah di Sumber Rejo Senin (31/7) pukul 14.30. Mereka mengaku  anggota pengajian Nur Islamiyah yang mengaku mengalami mual sejak pagi hari (selasa (31/7). Waga yang keracunan itu berasal dari tiga RT Sumber Rejo yaitu RT 9,10 dan 50.  Suparti, Munawaroh, Ida Royani dan Kristian mengaku mual, pusing dan muntah itu dirasakan sejak pagi hari setelah bangun tidur.  Mereka mengaku terakhir makan pada pesta pindahan rumah. mereka mengaku makan ikan bakar, es buah, capcay, ikan dan hidangan lain yang diasjikan saat pesta itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: