Disnaker

Jaminan ratusan pekerja belum terpantau Disnaker
* Akibat pengusaha melanggar syarat wajib lapor  perekrutan pekerja

Balikpapan, Tribun – Kasubdin Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Balikpapan Dra Asni Budiarsih mengatakan, masih banyak pekerja yang belum mendapatkan hak memperoleh upah minimum atau jaminan perlindungan pekerja. Hal ini dipicu sikap pengusaha yang melanggar ketentuan wajib lapor pekerjanya ke Disnaker.
“Masih banyak pengusaha yang tidak laporkan keberadaan pekerjaan  ke Disnaker. Umum dari Sub kontraktor yang mengerjakan proyek dari hasil menang tender. Padahal wajib lapor itu  diatur dalam  UU 8/1981. Jumlahnya mencapai ratusan,” terangnya saat ditemui di Hotel Benakutai, Sabtu (4/8).
Pekerja yang tidak terdaftar di Disnaker itu umumnya menimbulkan masalah. Ketika terjadi perselisihan tenaga kerja barulah Disnaker setempat mengetahui masalah ketenaga kerjaan yang dialami perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya itu. Banyak faktor yang menimbuklan masalah perselisihan itu antara lain ketidak tahuan pengusaha mengenai aturan ketenaga kerjaan hingga konflik lain. “Bila terjadi perselisihan, pekerja tetap berhak mendapat perlindungan sesuai aturan tenaga kerja,” ujarnya.
Unsur perlindungan tenaga kerja itu menyangkut pekerjaan, upah yang diberikan pemeri kerja pada pekerjanya dan perintah kerja yang mengikat hubungan kerja tersebut. Sampai Agustus 2007 terdapat sekitar 1.000 perusahaan yang melaporkan 30.000 pekerjanya ke Disnaker. Perusahaan tersebut secara berkal mendapatkan pembinaan dan sosialisasi  kewajiban dan syara tkerja dan mekanisme perselisihan tenaga kerja sebagaimana diatur UU 2/2004 tentang penyelesaian perselisihan hubnugan industrial.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: