Komisi Pengawasa Persaingan Usaha

10  Indikasi Pelanggaran Usaha Tak Bisa  Ditindak Lanjuti KPPU

 Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)  menerima puluhan  laporan indikasi persaingan usaha tak sehat yang dilaporkan kontraktor hingga  pengusaha. Dari banyak laporan tersebut, tidak semua dapat ditindaklanjuti. Ada sepuluh laporan sulit ditelusuri data-data terkait  indentitas dan alamat pelapor yang tidak jelas.
Kepala  KPPU Kantor Perwakilan Daerah Balikpapan Helli Nurcahyo mengatakan  laporan persaingan usaha tidak sehat itu diterima umumnya berbentuk
surat. Isinya melaporkan indikasi persaingan usaha tak sehat mengenai  tender, monopoli, praktek kartel hingga  proyek  yang disinyalir tidak prosedural.
“Jumlahnya   sampai sepuluh kasus. Pelapornya umumnya mengatasnamakan forum masyarakat. tapi ketika kita coba follow-up kami kesulitan untuk menindak lanjuti. karena nama  pelapor dan alamatnya sulit dilacak” katanya  saat ditemui di Kantor KPPU Kamis (8/3).
KPPU menerapkan standar prosedur untuk menanggapi semua laporan yang masuk. Indikasi persaingan usaha yang tidak sehat terlebih dulu dilakukan pengumpulan informasi lebih lanjut dari pelapor. Indikasi kasus itu terhenti otomatis apabila pelapor sulit  dihubungi lebih lanjut untuk keperluan  data-data dan  informasi pendukungnya.
“Dalam menindak lanjuti semua kasus yang masuk, kita adakan klarifikasi dan evaluasi. Kita panggil pihak yang melaporkan dan dilaporkan” jelasnya.
Hingga Februari 2007,  indikasi praktek usaha tidak sehat yang kini ditangani KPPU meliputi  kasus RSUD Wahab Syachrani,  CV Risa, Binaco Group,  CV Fadlan Prima, Citra Selaras Abadi dan  PT Cahaya Gunung Mampu.
KPPU sudah melakukan penyelidikan untuk  kasus RSUD Wahab Syachrani, CV Risa dan CV Fadlan yang ditangani KPPU Kaltim. Untuk kasus Binaco Group ditangani KPPU Jakarta. sedangkan kasus perusahaan lain masih dalam proses klarifikasi dengan memanggil pihak terlapor dan pelapor.
 
Daftar kasus yang ditangani KPPU Kaltim
1. RSUD Wahab Syachrani
2. CV Risa
3. Binaco Group
4. CV Fadlan Prima
5. Citra Selaras Abadi
6. PT Cahaya Gunung Mampu
Sumber : KPPU Perwakilan Balikpapan.(rid)

Siapkan Tiga Penyelidik Per Kasus
Komisi Pengawas  Persaingan Usaha (KPPU) bersiap-bersiap membentuk  tim investigasi  beranggotakan tiga penyelidik apabila  dari berbagai laporan persaingan usaha tak sehat terindikasi kuat melanggar UU nomor 5/1999. Penurun tim penhyelidikan itu dilakukan saat kasus itu layak ditindaklanjuti kedalam proses  penyelidikan. Penyelidikan indikasi persaingan usaha tidak sehat itu dilakukan setelah data-data pendukung lain yang dihimpun dari  klarifikasi dan evaluasi laporan dinyatakan layak ditindaklanjuti. Demikian dikemukakan Kepala  Komisi Pengawas Persaingan Usaha Perwakilan Daerah Balikpapan Helli Nurcahyo saat ditemui di Kantor KPPU Balikpapan Kamis (8/3).
“Untuk dugaan kuat persaingan usaha  tidak sehat kami rekomendasikan untuk pemeriksaan pendahuluan. Tiap kasus ditangani tim beranggotakan tiga penyelidik. Penyelidikan baru dilaksanakan setelah kasus itu memasuhi tahap penyelidikan. Sekarang ini kasus masuk   tahap klarifikasi dan evaluasi” katanya.
Helli Nurcahyo menyatakan tidak menutup kemungkinan semua kasus yang masuk itu masuk tahap penyelidikan terutama kasus-kasus yang terindikasi kuat menyangkut persaingan usaha tak sehat.
Selama tahun 2006 terdapat 10 laporan yang diterima KPPU.  Sampai Bulan Februari 2007 laporan kasus bertambah 4 kasus sehingga totalnya 14 kasus
4 Laporan Persaingan Usaha tak Sehat selama tahun 2007 menyangkut dua kasus tender Pertamina UP V, kasus export ternak Labi-labi, dan satu kasus bisnis catering dan room service di PT Vico Indonesia. Sebagian kasus ini sudha masuk tahap klarifikasi evaluasi. Sisanya dalam proses evaluasi data.
Undang-Undang Nomor 5 tahun 1999 pasal  47 dan 48 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat mengatur sanksi bagi pelaku usaha yang terbukti UU itu. Berupa  sanksi administratif  dan pidana kurungan. Sanksi administrasi berupa denda setinggi-tingginya  Rp 25 miliar atau pidana kurungan pengganti denda selama-lamanya 6 bulan.(

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: