Status Akreditasi terancam Turun

* Untuk Sekolah swasta yang paling banyak siswa tak lulus Unas

Balikpapan, Tribun – Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan  Badaruddin mengatakan resiko ketidak lulusan siswa pada Ujian Nasional tahun 2007 ini diperkirakan didominasi siswa sekolah swasta. Kekhawatiran itu didasarkan pada sampai sekarang suilt untuk memantau  kesiapan sekolah swasta dan tidak ada laporan dari sekolah swasta tentang perkembangan pendidikannya. Sehingga sulit diketahui  perkembangan mutu pendidikan untuk meningkatkan peluang kelulusannya pada ujian nasional yang dimulai Mei 2007.
Beberapa langkah pemantauan  sekolah swasta untuk persiapan Unas mulai dilakukan. Termasuk dari segi evaluasi terhadap program kerja, manajemen sekolah, kesiapan tenaga guru, dan mutu pendidikan. Upaya Pembinaan terhadap sekolah swasta itu bertujuan agar sekolah swasta terkena sanksi dalam hal akreditasi sekolah
“Setiap 4 tahun dilakukan penilaian akreditasi terhadap  sekolah swasta. Sedangkan tiap tahun dilakukan evaluasi. Bagi sekolah swasta yang siswanya nilainya anjlok pada unas, kita beri attention terhadap kualitas sekolah itu. kalau sampai banyak nilai Unas anjlok, sanksinya bisa akreditasinya turun” katanya di kantornya Senin (12/3)
Sanksi turunnya status akreditasi sekolah swasta itu merupakan langkah terakhir apabila pembinaan mutu kurikulum, manajemsn sekolah, pembenahan sumber daya guru dan arahan lain dari Dinas Pendidikan Kota Balikpapan diabaikan pihak sekolah swasta.
Dijelaskan, Disdik memberlakukan aturan ketat mengenai pemberian akreditasi sekolah swasta itu. Mengingat sekolah swasta dianggap sekolah yang banyak menyerap  biaya pendidikan dari orang tua murid dibandignkan  sekolah negeri.  Disdik  menginginkan agar output pendidikan yang dihasilkan sekolah swasta sesuai dengan biaya pendidikan yang diterapkan sekolah tersebut.
Badaruddin menerangkan ada tiga sekolah swasta yang kini menjadi perhatian Disdik terkait masalah itu. Sampai saat nii tiga sekolah itu masih dalam tahap pembinaan. namun apabuila pada unas tahun ini belum ada perbaikan tingkat kelulusan siswannya maka sekolah itu terancam status akreditasinya turun.
Dari empat tingkatan akreditasi sekolah swasta yang berlaku secara nasional yaitu A,B,C dan D. Secara umum sekolah swasta di Balikpapan rata-rata menduduki peringkat A,B dan C. “Tidak ada sekolah swasta di Balikpapan yang akreditasinya D. ini berarti akreditasi sekolah swasta disini masih bagus” jelasnya.
Dia mennerangkan jumlah sekolah swasta yang berada di Balikpapan terdiri dari 26 sekolah swasta SMA dan 25 sekolah swasta tingkat SMK.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: