Ujian

Peserta tidak diperkenankan Bawa HP dan Kalkulator
* 17 Gakin dan Putus Sekolah Ikuti Ujian Paket B

Balikpapan, Tribun – Pelaksanaan ujian paket B setara SMP yang diselenggarakan serentak mulai hari ini tidak hanya diikuti siswa yang gagal ujian nasional pasda ujian reguler. Warga miskin dan pekerja putus sekolah juga turut berupaya menamatkan pendidikan tingkat menengah tersebut dengan mengikuti ujian di lokasi khusus di PKBM. Penyelenggaran ujian bagi kalangan warga miskin dan pekerja putus sekolah itu tersebar pada 15 Pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM)  di seluruh Balikpapan. Dua diantaranya adalah PKBM Sepinggan Berdikari dan PKBM Pengayoman mengujikan 20 siswanya di Gedung Indotrend Jalan Marsma Iswahyudi RT 26 Blok C Sepinggan Selasa (26/6).
M Sidik Ketua PKBM (Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Sepinggan Berdikari mengatakan, dari 20 peserta yang terdaftar sebagai peserta ujian paket B, pada hari pertama hanya 17 peserta yang hadir. Selama ujian diawasi 2 pengawas.
Ada 5 mata pelajaran yang diujikan yaitu matematika, PPKN, Bahasa Indonesia, IPS dan Bahasa Inggris yang berlangsung 3 hari. Ujian hari pertama mengujikan Bahasa Inggris dan PPKN. Masa ujian tiap mata pelajaran selama 1,5 jam.  Peserta tidak diperkenanakan membawa kamus, kalkulator, HP dan perangkat bantu lain. “Yang boleh dipakai hanya pensil, penghpaus dan alat tulis,” jelasnya.
Sidik menjelaskan, yang mengikuti ujian paket adalah siswa yang telah mengikuti belajar selama tiga tahun di pusat kegiatan belajar masyarakat. Ujian paket PKBM ini rata-rata diikuti dari kalangan tertentu yang berbeda dibandingkan ujian paket reguler lain.
“Kebanyakan dari gakin yang tidak mampu mengikuti pembelajaran formal karena masalah biaya.
Ada sebagian yang punya kesadaran mau bersekolah kembali. peserta ujian paling tua 32 tahun, tapi hari ini tidak hadir,” jelasnya.
Edy Kordinator PKBM Pengayoman menerangkan, pihaknya juga menyelenggarakan ujian semesteran bagi narapidana  Lembaga pemasyarakatan (Lapas)
Balikpapan. Sebanyak 40 napi mengikuti ujian semester setara kelas 2 SMP di Lapas Balikpapan bertepatan pada hari pertama ujian paket B. Matae paljaran yang diujikan pada ujian semester yaitu IPA dandan Bahasa Indonesia.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: