Penggunaan Dana BOS Balikpapan Diaudit

Badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP)  melakukan audit terhadap penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diterima 50 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Tim BPKP beranggotakan dua orang itu memeriksa kepala sekolah dan bendaharawan sekolah perihal penggunaan pembiayaan sekolah.
Kepala Seksi Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Farida Ibrahim mengatakan, dana operasional sekolah yang diaudit BPS mencakup seluruh penggunaan bantuan BOS pusat selama setahun tahun anggaran 2006.
“BPKP melakukan pemeriksaan terhadap 30 SD dan 20 SMP penerima bantuan BOS. Audit dilakukan untuk klarifikasi penggunaan dana dan SPJ (Surat pertanggung jawaban-red) atas penggnuaa dana,” katanya saat ditemui di kantor Disdik Balikpapan, Jumat (14/9).
Audit terhadap pemakaian dana BOS berlangsung sejak 10 September sampai dengan 17 September 2007. Sejak senin lalu tim BPKP telah mendatangi sekolah untuk pemeriksaan pembukuan keuangan sekolah. Pemeriksaan maraton pemakaian dana BOS dilanjutkan di ruang Rapat Dinas Pendidikan  ota Blikpapan mulai Jumat (14/9) untuk verifikasi berkas rincian laporan penggunaan bantuan operasional sekolah serta verifikasi jumlah siswa penerima BOS tahun 2006.
Farida Ibrahim menerangkan pengawasan penggunaan dana BOS itu dilakukan untuk meneliti kelayakan pemakaian dana bos yang diberikan pada sekolah yang dihitung berdasarkan jumlah siswa.
Pada penyaluran BOS tahun 2006 alokasi bantuan BOS tingkat sekolah dasar sebesar Rp 235.000 per orang selama setahun. Untuk BOS tingkat SMP dialokasikan bantuan BOS ke sekolah sebesar Rp 325.000 per siswa selama setahun. Dana bantuan operasional sekolah disalurkan pusat ke sekolah itu untuk membiayai kebutuhan pembelajaran mulai dari biaya penerimaan siswa baru, ulangan umum, alat tulis kantor,  honor guru, remedial, pengayaan,  buku dan perbaikan ringan ruangan kelas.

Subsidi Satu dari Tiga Buku Wajib
Pemberlakuan bantuan operasional sekolah yang membiayai kebutuhan biaya belajar mengajar di sekolah menimbulkan reaksi dari kalangan orang tua murid. Banyak orang tua murid yang mempertanyakan penggunaan dana BOS dari pusat tersebut. Karena pihak orang keberatan kalau mesti membeli buku yang seharusnya ditanggung dari subsidi BOS pusat tersebut.
Kepala Seksi Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Farida Ibrahim mengatakan, pihaknya pernah menerima keluhan tentang masih adanya kewajiban membeli buku sekolah tersebut. Umumnya orang tua mempertanyakan untuk apa penggunaan dana BOS pusat kalau orang tua harus membeli buku juga.
“Masalah itu yang masyarakat kadang pertanyakan. Padahal dalam aturan penggunaan dana BOS pusat memberikan subsidi pengadaan satu satu dari tiga buku wajib yaitu Matematika, Sains dan Bahasa Indonesia,” katanya, Jumat (14/9).
Farida menjelaskan, pihaknya telah mengintruksikan agar seluruh sekolah mengoptimalkan dana BOS dari pusat itu dengan menggunakan dana tersebut sesuai peruntukan yang diatur dalam petunjuk penggunaan BOS. Dana bantuan operasional sekolah disalurkan pusat ke sekolah itu untuk membiayai kebutuhan pembelajaran mulai dari biaya penerimaan siswa baru, ulangan umum, alat tulis kantor,  honor guru, remedial, pengayaan,  buku dan perbaikan ringan ruangan kelas.
Dalam penetapan pengalokasikan penggunaan dana BOS tersebut harus disepakati melalui rapat antara Kepala sekolah, dewan guru yang disetujui oleh komite sekolah.  Pengalokasian anggaran BOS itu yang telah disepakati semua pihak itu dituangkan dalam RAPBS (rancangan anggaran penerimaan dan belanja sekolah = RAPBS). Segala pengeluaran dana BOS termasuk realisasi pembelian buku mana dari mata pelajaran wajib  dibeli sekolah  harus memperoleh pengesahan dari komite sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: