32 Warga Miskin Dilatih Menjahit

* Program Pelatihan Gakin Yang digelar Disnaker Balikpapan

Balikpapan, Tribun – Sebanyak 32 warga miskin yang berasal dari berbagai kelurahan di Balikpapan   mengikuti pelatihan ketrampilan menjahit bagi warga miskin di LPK Bayu Balikpapan. Pelatihan
yang berlangsung sejak  27 Agustus sampai 29 Oktober 2007 ini  melatih ketrampilan pembuatan pakaian resmi sampai busana tradisional.
Kepala seksi Pelatihan dan Produktifitas Disnaker Balikpapan Subiyoto mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan kali ini merupakan angkatan ke-15. Pelatihan secara berkala ini digelar Disnaker sejak tahun 2002 merupakan program pemberdayaan masyarakat miskin yang dicanangkan Pemkot Balikpapan.
“Tujuan Pelatihan ketrampilan bagi warga miskin agar siswa dapat meningkatkan  taraf hidup mereka sehingga setelah tamat pelatihan nanti bisa membuka usaha mandiri.  Melalui ketrampilan yang dimiliki, Gakin juga bisa mengubah pekerjaan sesuai bidang yang diminati,” ujarnya, Sabtu (15/9).
Pelatihan ketrampilan itu tidak dikenakan biaya karena ditanggung  alokasi dana pelatihan dalam program Pemkot Balikpapan.
32 warga miskin yang mengikuti  pelatihan ketrampilan menjahir terbagi dua tingkatan ketrampilan yaitu tingkat terampil dan mahir. Terdiri dari  16 peserta gakin mengikuti pelatihan menjahit tingkat terampil dan 16 gakin dilatih menjahit tingkat mahir.
“Peserta sudah menguasai ketrampilan menjahit tingkat dasar sehingga pada pelatihan ini mereka melanjutkan ketrampilan yang telah dimilikinya,” kata Instruktur Pelatihan  Sukinah.
Materi pelatihan menjahit tingkat terampil mengajarkan tata cara membuat  blazer, rok, gamis, kebaya, celana panjang, hem, busana pesta dan pakaian daerah. Peserta pelatihan tingkat mahir belajar tentang teknik menjahit  celana panjang, jas, kebaya, modifikasi, kamisol, busana indah.
Peserta warga yang mengikuti pelatihan menjahit adalah warga miskin dari  kelurahan  Mekar Sari, Margasari, Karang Joang, Klandasan Ulu, Klandasan Ilir, Sumber Rejo, Baru Ulu, Margomulyo, Sepinggan, Gunung Bahaagia, Mangar, Prapatan.(rid)
Cetak 6.000 Tenaga Terampil

Balikpapan, Tribun – Kepala seksi Pelatihan dan Produktifitas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Balikpapan  Subiyoto mengatakan, penyelenggaraan ketrampilan bagi warga miskin yang dilaksanakan sejak 2002 telah membantu para warga miskin untuk memperoleh pekerjaan sebagai bagian perbaikan taraf hidup gakin.  Sampai tahun 2006 Disnaker telah mencetak 4.000 tenaga terampil dalam berbagai bidang ketrampilan. Sebagian mereka telah membuka usaha mandiri dan sebagian lagi tersalur pada berbagai perusahaan.
“Mulai tahun 2002 sampai 2006 telah dilatih 5.500 orang yang dilatih dari beberapa jurusan. Yang telah membuka usaha mandiri dan  bekerja di perusahaan mencapai 4.000 orang,” katanya, Sabtu (15/9).
Sebanyak 18 jenis ketrampilan bagi warga miskin yang dilatih ketrampilan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan antara lain   peternakan, menjahit, salon kecantikan, rias pengantin otomotif, las listrik, membuat mie, tekniisi kompouter, teknisi HP, mengemudi, manajemen wirausaha dan teknik kejuruan lain.
Pemkot Balikpapan dalam hal Dinas Tenaga Kerja memfasilitasi wirausaha bagi lulusan ketrampilan yang ingin membuka usaha sesuai  yang dicanangkan pemerintah daerah. Namun ada sebagian peserta ketrampilan yang memilih untuk bekerja di perusahaan. Saat ini rata-rata warga miskin dari kalangan laki-laki telah bekerja pada berbagai perusahaan teknik industri, garmen dan perusahaan perdagangan  yang beroperasi di Balikpapan.
“Waga miskin yang bisa mengikuti pelatihan adalah warga yang memiliki kartu gakin yang diterbitkan pemkot Balikpapan,”ujarnya.
Pada tahun 2007, Disnaker menargetkan pelatihan 506 warga miskin. Sampai September 2007 telah mencetak lulusan pelathian mencapai 250 orang atau 50 persen dari pencapaian pecnetakan tenaga terampil dari kalangan gakin.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: