BAZ segera salurkan Rp 13 Miliar kepada fakir miskin

* Dari pengumpulan zakat yang diterima dari muzakki

Balikpapan, Tribun – Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Balikpapan segera menuntaskan penyaluran   zakat kepada fakir miskin dan kelompok lain yang layak menerima zakat sesuai ketentuan syariat islam dengan nilai penyaluran zakat sebesar  Rp 1.366.957.223. Nilai penerimaan zakat tersebut diterima dari pengumpulan zakat  yang diterima dari muzakki (pembayar zakat) sejak Januari hingga September 2007.  Penuntasan penyaluran zakat itu terutama pemberian zakat kepada fakir miskin sebelum Idul Fitri.
Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) kota Balikpapan H Misbahuddin Halim mengatakan, dana zakat yang dihimpun dari kalangan muzakki yang menunaikan kewajiban pembayaran zakat mal (zakat harta) dan zakat lain yang diatur sesuai ketentuan islam. Besaran zakat itu nisah (perhitungan menurut syariah islam) dengan ketentuan 2,5 persen dari keuntungan bersih usaha selama setahun atau ketentuan wajib zakat lain yang berlaku dalam islam.
“Penyaluran zakat diberikan fakir miskin dan yang berhak menerima zakat.,” jelasnya, Kamis (20/9).
Penyaluran zakat itu selama ini telah diberikan kepada ribuan fakir miskin dan penerima zakat lain yang berhak. Pengurus BAZ telah melakukan rapat kordinasi untuk memaksimalkan  distribusi zakat kepada yang berhak menerimanya sekaligus meningkatkan pengumpulan zakat yang digelar kemarin (19/9). Dari pertemuan tersebut disepakati bahwa  pengurus BAZ akan meningkatkan penyaluran zakat tersebut agar manfaat zakat itu dapat dirasakan fakir miskin dan mereka yang layak menerimanya.
Komitmen untuk menolong umat islam yang membutuhkan bantuan zakat juga dikemukakan oleh KH Adehansyah Bendahara BAZ, KH Anas Muchtar Kasi pendayaguanan BAZ, Drs Abdul Muis Abdullah Ketua dewan syariah, H Amir Kepala seksi BAZ dan Muhammad Rum wakil ketua BAZ.
Lebih lanjut Adehansyah mengatakan, BAZ menargetkan penerimaan zakat pada tahun 2007 sebesar Rp 2 Miliar. Selama ini penerimaan zakat didominasi oleh pengumpulan zakat harga dari pegawai negeri sipil, karyawan dan umat islam yang memiliki kekayaan diatas nisab kelayakan menunaikan zakat. Perhitungan kewajiban zakat (nisah) untuk pedagang menurut ketentuan islam dihitung 2,5 persen dari keuntungan bersih. Untuk kekayaan berupa emas, perak dan logam mulia,  maka kewajiban zakat berlaku bagi kekayaan emas 91,92 gram. Kewajiban zakat kekayaan perhiasan itu dibayarkan sekali saja.
Abdul Muis Abdullah mengatakan,  untuk meningkatkan pemberian zakat kepada fakir miskin maka BAZ saat ini tengah meningkatkan pengumpulan zakat terutama pengusaha yang belum menyalurkan kewajiban zakatnya melalui  BAZ.  Penerimaan zakat harta dan zakat lain difasilitasi oleh 59 unit pengumpul zakat naungan BAZ yang tersebar di seluruh Balikpapan. Pada tahun 2006 terkumpul zakat harta dan zakat lain mencapai  Rp 1.995.180.272,61.
“Kami bekerjasama dengan pemkot Balikpapan mengenai penyaluran zakat tersebut,” ujar  H Misbahuddin Halim.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: