Warga RT 49 Pertanyakan Penyaluran Bantuan Posko Banjir

Balikpapan, Tribun – Sebagian warga RT 49 Kelurahan Gunung Sari Ilir yang rumah terkena musibah banjir mempertanyakan penyaluran bantuan musibah yang diterima posko banjir di SDN 006. Masalah itu timbul akibat tidak meratanya pembagian sembako dan bantuan lain yang diterima warga. Ada sejumlah warga yang mengaku belum menerima bantuan banjir tersebut.
Sutio dan Alam warga korban banjir di RT 49 mengatakan, tidak meratanya pembagian bantuan banjir itu makin terasa sejak tadi malam (20/9) seluruh barang-barang bantuan yang diterima di Posko di SDN 006 mendadak diangkut pakai truk yang dipindahkan LPM selaku kordinator penyaulran sisa bantuan ke balai desa mekar sari yang terletak di belakang kantor kelurahan Gunung Sari Ilir
“Bantuan  dari posko sekarang banyak yang tak jelas. Apalagi sembako itu dibawa LPM ke balai desa dan dibiarkan menumpuk disana. Kami meminta kejelasan bantuan itu. Seperti apa distribusi dan pengawasannya. karena ada warga yang tak merasa menerima,” kata Sutio saat ditemui di lokasi bekas musibah, Jumat (21/9).
Dijelaskan Sutio, transparansi penyaluran bantuan itu untuk menjaga agar jangan sampai timbul kecemburuan antar warga akibat pembedaan penyaluran bantuan yang hanya pada warga tertentu saja. Tidak meratanya pembagian bantuan itu menimbulkan saling iri warga yang tidak mendapat bantuan.
Ditemui terpisah, Wakil ketua LPM Jayadi mengatakan, penyaluran bantuan sembako dan bantuan lain memang belum tersalur semua. Pembagian bantuan itu disalurkan secara bertahap. Jayadi membantah bantuan itu salah sasaran. Kordinator pembagian sembako berjanji untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang belum dapat.
“Pembagian bantuan pada warga berdasarkan data warga usulan RT. Pembagiannya bertahap. Kalau ada warga yang belum dapat,  kemungkinan karena belum ambil warga. Tapi penyaluran kami salurkan lewat balai desa,” jelasnya.
Jayadi menerangkan, bantuan banjir yang diterima dari donator bervariasi mulai dari seragam sekolah, beras, sembako, kasur, kompor, panci dan peralatan dapur lain. Lembaga pemberdayaan masyarakat Kelurahan Gunung Sari Ilir bertindak sebagai kordinator penyaluran sisa bantuan posko banjir setelah ditutupnya posko di SDN 006 minggu lalu. Kini penyaluran dipusatkan di balai desa Mekar Sari Kelurahan Gunung Sari Ilir.
“Penyaluran bantuan ini yang ke-6 kali dibagikan sampai hari ini. Insya Allah disalurkan lagi bertahap. nanti sisa bantuan yang akan diserhakan Satlak. Nanti satlak yang menentukan warga mana yang membutuhkan yang diutamakan warga RT 49. Mungkni akhir minggu ini sisa bantuan diserahkan ke satlak, ” ujar Tukiyo dari Kantor Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Kota Balikpapan yang saat ditemui sedang mendatang bantuan yang masuk ke balai desa.
Berdasarkan data bantuan terakhir Jumat (21/9) terdapat sisa persediaan bantuan mie sebanyak 200 dos, beberapa kasus, puluhan karung beras dan sembako lain. Jumlah warga yang berhak menerima bantuan tersebut ditujukan pada 153 KK yang terletak di RT 49, RT 47, dan RT 50.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: