Dinas PErhubungan

Daya Tahan Simpan Listrik Tiga Hari
PADAMNYA lampu lalu lintas (traffic light) akibat seringnya terjadi pemadaman bergilir, selama ini menimbulkan arus lalu lintas simpang siur. Banyak kendaraan yang lalu lalang tak beraturan akibat traffic light tidak berfungsi.
Masalah ini kini tengah ditangani jajaran Dinas Perhubungan Kota Balikpapan dengan melakukan uji coba lampu lalu lintas bertenaga matahari, Kamis (27/9). Kepala Seksi Lalulintas Dishub Balikpapan Abdul Razak mengatakan, uji coba pemasangan traffic light teknologi terbaru ini diterapkan untuk pertama kali di Balikpapan.Traffic light merupakan bantuan dari pemerintah pusat.
Perangkat traffic light itu diujicobakan di Jalan MT Haryono tepatnya simpang tiga Bumi Damai Sentosa. Instalasi perangkat itu dikerjakan PT Qumicon Indonesia. “Alat bantuan pemerintah pusat ini menggunakan tenaga sonar cell. Tidak pakai paket tapi hanya gunakan tenaga surya. Kami memasangnya disini karena memperhatikan frekwensi arus lalu lintas yang tinggi,” kata Abdul Razak, kemarin.
Pemasangan peralatan teknologi tenaga matahari  ini memberikan pasokan listrik pada enam lampu lalu lintas yang terintegrasi dalam gardu sentral di sekitar lokasi. Pasokan listrik itu diperoleh dari penyerapan energi matahari yang disimpan dalam tiga baterai yang mampu menghidupkan  lalu lampu lintas. Daya tahan penyimpanan listrik itu mencapai tiga hari tiga malam untuk penyerapan energi matahari selama satu hari.

“Selain tenaga solar cell tak perlu biaya aliran listrik, ketika listrik PLN padam, baterai tenaga solar cell juga mudah dipindahkan ketika terjadi pelebaran jalan. Tak perlu pemindahan tiang waktu akan melebarkan jalan,” ujar Razak. Fleksibilitas instalasi dan pemasangan kembali lampu lalu lintas tenaga surya ini dikarenakan fungsi pengontrolan arus listrik tenaga solar cell dapat direlay langsung lewat radio pemancar sentral yang dimiliki Dishub.
Menurut Razak, lampu lalu lintas tenaga surya akan berfungsi maksimal apabila tiangnya berada di tempat yang kokoh. Oleh karena itu Pemkot Balikpapan perlu memelihara keberadaan lampu listrik ini melaui  pelebaran jalan dan pengaspalan agar tiang lampu lalu lintas tidak roboh atau longsor akibat kontur tanah yang labil.

100 Rambu Hilang dan Patah
PULUHAN rambu lalu lintas dan penunjuk jalan terutama pada jalur angkutan mudik lebaran mengalami patah. Sementara puluhan rambu lainnya ditemukan hilang dicuri oknum tidak bertanggungjawab.
Berdasarkan peninjauan lapangan Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, jumlah kerusakan dan kehilangan rambu lalu lintas mencapai 100 unit. Kerusakan dan kehilangan rambu itu dikhawatirkan menjadi titik rawan kecelakaan lalu lintas.
Kepala seksi  Lalulintas Dishub Kota Balikpapan Abdul Razak mengatakan, keberadaan rambu dan penunjuk jalan serta sarana lalu lintas lain yang rusak dan hilang, sudah ditanggulangi  Minggu lalu tim Dishub turun ke lapangan melakukan perbaikan. “Kami sudah melakukan survei dan pemantauan terhadap titik tersebut dan telah ada 100 titik yang diperbaiki dan diganti,” katanya.
Menurut dia, kerusakan rambu lalu lintas itu banyak dipicu oleh ulah oknum yang dengan sengaja  menghancurkan sarana lalu lintas. Umumnya kejadian perusakan rambu itu terjadi malam hari, dan dilakukan para pemabuk atau oknum lain yang iseng. “Banyak rambu yang patah gara-gara orang iseng. Selain itu sebagian rambu lain hilang,” ujarnya.
Rambu lalu lintas yang hilang, didominasi plang penanda parkir. Salah satu kawasan yang rawan pencurian rambu itu antara lain di Klandasan dan ruas jalan protokol lain yang sering dilalui kendaraan.
Kehilangan dan pengrusakan rambu lalu lintas itu dianggap membahayakan pengguna jalan. Terutama para pemudik dan pengendara yang akan melakukan perjalanan pulang mudik lewat jalur darat.
Dishub mengimbau agar masyarakat turut menjaga keberadaan rambut lalu lintas, guna menghindari jatuhnya korban kecelakaan saat mudik lebaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: