Berita Jiplak. Wartawan kode Joi saya perhatikan beritanya itu jiplak dari wartawan lain. Membosankan. Malas beli koran tribun. Beritanya basi komentar saya terhadap berita diatas juga telah masuk pada website lain

PLN Janji Akhir 2008 tak Ada Pemadaman Lagi

Senin, 13 Oktober 2008 | 22:36 WIB

BALIKPAPAN, SENIN -Tidak lama lagi warga Kalimantan Timur sudah tidak akan tertimpa pemadaman listrik lagi. Kabar gembira ini akan dirasakan warga Kota Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara, akhir tahun 2008.

Pasalnya, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Sambera akan beroperasi dengan daya listrik 2 x 20 Mega Watt. “PLTG ini akan beroperasi secara komersil pada bulan Desembar 2008. Selain itu, PLTG Cahaya Fajar Kaltim juga berencana beroperasi bulan November 2008, dengan menghasilkan daya 2 x 25 Mega Watt,” kata Humas PLN Wilayah Kaltim Mac Paul Politon, Jumat (10/10) kemarin.

Dengan hadirnya pusat pembangkit listrik baru ini diharapkan mampu mengurangi defisit energi listrik di Kaltim, terutama krisis listrik di Sistem Mahakam. Namanya juga untuk mengatasi defisit atau pemadaman, sehingga keberadaan PLTG baru ini belum mampu memenuhi daftar tunggu pelanggan PLN yang jumlahnya cukup besar.

Sampai saat ini, daftar tunggu pelanggan PLN di Balikpapan-Samarinda dan Kukar mencapai 87.600 pelanggan atau sekitar 209.000 KvA. Sedangkan untuk daftar tunggu wilayah Balikpapan sekitar 16.967 pelanggan atau 51,88 Mega Volt Ampere.

“Jadi dua pembangkit baru itu belum bisa atasi pelanggan baru yang akan menggunakan lsitrik PLN. Karena sifatnya hanya untuk menghentikan pemadaman yang selama ini terjadi,” ujarnya. Namun tidak menutup kemungkinan, dari daya listrik yang sudah dihasilkan, energi listrik yang tersisa akan dikomersilkan untuk publik.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: